Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Strategi Marketing Giveaway: Arti, Manfaat, Cara Menang dan Tips

3 min read

hadiah giveaway

Dalam beberapa tahun belakangan strategi marketing Giveaway sudah banyak digunakan brand-brand besar untuk menarik perhatian konsumen. Cara menang giveaway setiap campaign yang dibuat brand juga berbeda-beda, seperti memakai random picker, relevansi komentar terhadap campaign dan lain-lain. Sebelum ke pembahasan yang lebih jauh, kamu harus tau apa arti giveaway adalah sebuah campaign membagikan barang atau jasa (hadiah) dengan beberapa syarat yang sudah dibuat oleh Brand. Giveaway bisa berupa hp, voucher, uang tunai atau memberikan produkmu sendiri. Selain strategi giveaway, kamu juga bisa membaca strategi digital marketing lainnya.

apa itu giveaway
Apa itu Giveaway | Image by Unsplash/Don Agnello

Apa itu Giveaway

Menurut EasyAcc, giveaway adalah sebuah strategi promosi. Sama halnya yang disampaikan oleh website yang membahas tentang marketing yaitu sesuatu yang diberikan gratis atau dijual murah untuk menarik pelanggan, dll.

Giveaway bisa dilakukan di platform mana saja, tergantung apa tujuan kamu membuat campaign giveaway. Giveaway instagram, twitter, facebook adalah platform yang sering dipakai oleh brand. Misalnya brand kamu Gadget, bisa giveaway hp seperti yang dilakukan Xiaomi di social media Twitter. Dengan memberikan kata kata yang menarik untuk memenangkan giveaway adalah cara Xiaomi memilih pemenang Giveaway.

Manfaat Giveaway

Banyak sekali manfaat menggunakan strategi pemasaran giveaway untuk brand. Kalau dilihat dari sudut pandang konsumen pasti siapa yang mau menolak sebuah hadiah? tentu semua akan berlomba-lomba untuk bisa menang giveaway, manfaat giveaway seperti:

  • Engagement Pasti Naik

Keuntungan lain dari diadakannya giveaway adalah dapat meningkatkan partisipasi atau engagement. Apakah partisipasi itu? Partisipasi adalah komunikasi antara brand dan konsumen, yang penting untuk membangun pelanggan setia. Dengan partisipasi yang baik, bisnis kamu akan lebih mudah berkembang.

Kenapa seperti itu?

Dengan engagement yang tinggi dapat digunakan untuk mendapatkan umpan balik tentang produkmu. Oleh karena itu, akan bermanfaat untuk mengembangkan produk.

Selain itu, partisipasi dapat menggunakan value yang diberikan untuk membangun kepercayaan konsumen. Seperti halnya Xiaomi yang beberapa bulan kemaren sempat menggunakan cara giveaway produk baru mereka.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Membangun brand awareness tentu bisa dilakukan yang salah satu caranya yaitu giveaway. Seperti yang sering kita lihat, setiap giveaway selalu memberi syarat untuk tag teman kamu yang tujuannya untuk memperkenalkan brand dan produknya.

Brand awareness yaitu kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan yang kamu punya. Konsumen akan tau spesifikasi brand kamu mulai dari logo, tagline, nama, warna dan iklan. Strategi giveaway sering dipakai oleh brand untuk memperkenalkan produk baru, menarik konsumen baru, mulai membangun kepercayaan dengan produk atau brand dan bentuk konsumen yang setia terhadap produk kamu.

  • Campaign Murah

Kalau kita perhatikan giveaway selalu identik dengan membagikan hadiah yang terlihat budget mahal dibanding campaign lain, tetapi ternyata giveaway tidak memakan budget yang banyak untuk bisa menjangkau konsumen lebih luas.

Tentu juga butuh usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal, untuk brand yang sudah memiliki followers banyak tentu lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dari konsumennya tetapi jika brand tersebut memilki followers yang kecil tentu harus memiliki strategi yang berbeda walaupun tujuannya sama yaitu mengjangkau konsumen potensial.

cara memilih pemenang giveaway miniwebtool
Tampilan web Miniwebtool

Cara Memilih Pemenang Giveaway

Ada beberapa cara untuk memilih pemenang giveaway, seperti:

  • Menggunakan random picker agar pemenang bersifat acak dan tentu akan adil untuk semua yang mengikuti giveaway. Contoh website random picker: miniwebtools, commentpicker
  • Komentar yang menarik, bisa dilihat  dari bahasa maupun cara dia menyampaikan
  • Memberikan challenge, tantangan bisa seperti challenge dance atau yang lainnya. Pemenang bisa dipilih dari tingkat kreatifitas, relevansi tema dan kualitas.
strategi marketing giveaway
Membuat strategi giveaway | Image by Unsplash/Startae Team

Tips Strategi Giveaway

  • Tentukan Tujuan Giveaway

Setiap perusahaan atau tim pemasaran memiliki tujuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, rencana hadiah promosi harus disesuaikan dengan tujuan ini.

Ingin meningkatkan keterlibatan pengikut Instagram? Mungkin, apakah Anda bahkan ingin membawa pengikut Instagram Anda ke media sosial lain?

Anda hanya perlu menyesuaikan semua hadiah promosi ini. Ingat, semuanya fleksibel. Tetapkan saja tujuan tim sebagai syarat untuk berpartisipasi dalam lotre.

Misalnya, minta mereka untuk berkomentar di sini dan menyebutkan teman-temannya. Anda juga dapat meminta mereka untuk mengomentari produk Anda di media sosial.

  • Hadiah yang Menarik

Tentunya sebelum hadiah dirilis, hadiahnya adalah sesuatu yang harus kamu persiapkan. Jangan lupa, apapun metode yang kamu pilih, pastikan itu cukup menarik untuk audiensmu. Selain itu, jangan lupa juga sesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Kamu bisa memberi mereka barang. Sebagai alternatif, kamu juga dapat memilih untuk membuat hadiah dalam bentuk kode promosi.

Misalkan kamu ingin mendapatkan pelanggan potensial atau leads. Nah, tentu saja, salah satu hadiah paling efektif adalah berbagi produkmu sendiri. Alasannya yaitu jika peserta banyak, berarti produkmu disukai konsumen. Oleh karena itu, calon konsumen akan banyak. 

  • Buat Syarat Giveaway

Jika persyaratannya like & comment dan hadiah giveawaynya banyak, maka tentunya akan lebih banyak peserta, karena syarat yang sedikit. Tetapi apakah ini memenuhi tujuan kamu dari membuat campaign giveaway?

Kegiatan pemberian hadiah mungkin mengharuskan peserta untuk mengikuti, berkomentar, dan menandai teman. Persyaratan ini cocok untuk tujuan partisipasi. Pasalnya, hal ini akan mendorong peserta untuk berinteraksi di akun media sosial brandmu.

Namun, jika tujuannya adalah untuk meningkatkan calon konsumen atau brand awareness, maka tantangan menjadi syaratnya. Misalnya seperti memberikan kuis tentang pengetahuan produkmu seperti harga, fitur ataupun jumlah produkmu. Itu akan lebih terlihat produkmu lebih terkenal.

  • Berkolaborasi dengan Influencer

Nah, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjalin kerja sama dengan influencer. Influencer juga dapat meningkatkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam giveaway.  Namun, tidak hanya berdasarkan angka yang tinggi. Karena kamu juga perlu bekerja sama dengan influencer yang memiliki target pasar yang sama.

Misalnya seperti Tokopedia adalah sebuah e-commerce yang menjual berbagai macam produk yang bekerjasama dengan GadgetIn, dalam hal ini Tokopedia membuat campaign yang berhubungan dengan teknologi atau gadget. Melalui kerjasama ini, Tokopedia dan GadgetIn tersebut akan menarik konsumen yang lebih luas dan tepat.

Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!