Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Inilah Cara Melamar Kerja Lewat Email Paling Jitu

2 min read

cara melamar kerja lewat email

Kini melamar pekerjaan bisa dilakukan secara online, jadi kamu perlu tahu cara melamar kerja lewat email yang bisa mengesankan pihak perusahaan yang kamu inginkan. Dengan memiliki email dan mengetahui persyaratan yang dibutuhkan, kamu bisa menghemat waktu dan biaya daripada melamar kerja secara biasa yakni dengan via pos memakai amplop coklat.

Ketahui dengan Pasti Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Tepat

Electronic mail atau surat elektronik kini lebih meluas penggunaannya, bisa diandalkan untuk melamar pekerjaan. Kamu tidak perlu khawatir kalau pihak perusahaan tidak akan membaca emailmu. Cara ini bahkan kerap dipilih perusahaan untuk mempersingkat waktu rekrutmen. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui sebagai cara melamar kerja lewat email yang bisa memberikan hasil maksimal.

1. Alamat Email Benar

Kalau ingin melamar kerja dengan email berarti kamu harus memastikan baik email pengirim atau penerima sudah benar. Sebagai pihak yang mengirim, kamu harus memilih alamat yang profesional. Gunakan nama kamu dan hindari alamat yang sulit diingat.

Tiap lowongan kerja yang memberikan pilihan melamar lewat email akan mencantumkan alamat yang dituju. Baca dengan seksama dan tuliskan dengan benar. Kalau salah kirim tentu kamu menunggu panggilan yang tidak akan datang. Jadi, periksa ulang email setelah mengirimkannya. Jadi, kamu bisa mengirim ulang dengan cepat.

2. Siapkan Dokumen Penunjang

Cara melamar kerja lewat email berarti kamu memberikan perhatian khusus pada dokumen yang dibutuhkan. Ini berarti resume perlu dibuat dengan struktur paling terkini. Dokumen seperti KTP, KK, Ijazah menjadi dokumen penting yang perlu dipersiapkan. Perhatikan juga syarat yang diajukan perusahaan yang memberikan lowongan yang mungkin harus disertakan juga.

3. Tulis Subjek Dengan Jelas

Ketelitian adalah faktor penting dalam menulis lamaran kerja melalui email. Selain alamat email, perhatikan juga bagian subjeknya. Ingat kalau perusahaan menerima puluhan email tiap harinya. Pastikan subjek yang dipilih sesuai dengan kriteria dan panduan dari pihak perusahaan.

4. Format Surat Yang Benar

Cara melamar kerja lewat email agar menarik perhatian adalah memastikan formatnya sudah benar. Kadang perusahaan tidak membaca konten dari lamaran kerja yang sekilas terlihat format suratnya salah. Pastikan ada pembukaan, isi dan penutup untuk memberikan pembuka percakapan yang formal.

5. Pemilihan Bahasa Formal

Ketika menulis email lamaran kerja, pilihkan kata-kata yang sopan dan santun. Kamu perlu menunjukan profesionalisme dengan memilih bahasa yang formal. Hindari kalimat dan frase yang informal, dengan demikian pihak pewawancara akan mempertimbangkan surat lamaran kerjamu.

6. Waktu Pengiriman Email

Kamu harus memperhatikan setiap detail dari cara melamar kerja lewat email yang ampuh. Karena tanpa disadari ada saja hal-hal yang diperhatikan perusahaan yang tidak kita pertimbangkan menjadi poin penting sebagai pertimbangan. Contohnya, waktu yang dipilih untuk mengirim email bisa memberikan gambaran mengenai kepribadian pengirimnya.

Kamu mungkin dikira suka begadang, atau kurang teliti ketika mengirim email pada malam hari. Kamu juga perlu memperhatikan waktu jam operasional untuk mendapatkan jawaban secepatnya. Mengirim email pada waktu libur kemungkinan akan dibalas ketika waktu kerja, itu juga kalau tidak terlewatkan.

7. Cek Ulang Sebelum Mengirim Email

Sekali email sudah terkirimkan, tidak bisa ditarik kembali. Oleh karena itu, baca ulang beberapa kali sebelum kamu mengirimkan sebuah laporan. Kesalahan typo dapat memberikan kesan kalau kamu sembrono dan tidak teliti.

Kalau ingin memiliki pekerjaan maka kamu perlu menunjukkan sifat yang detail dan tidak membuat keputusan yang tergesa-gesa. Perhatikan juga penulisan tanggal dan gelar agar tidak dikira kamu tidak menulis surat dengan penuh kehati-hatian.

Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan menerapkan cara-cara yang sudah dibahas di atas. Ketahui cara melamar kerja lewat email yang benar agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan seksama. Kamu juga bisa melihat contoh resume lain untuk mendapatkan gambaran bagaimana menyertakan resume yang menarik pada emailmu.

Dengan persiapan yang matang, kamu bisa dipanggil untuk kesempatan wawancara dan memiliki kesempatan besar untuk mengisi posisi pekerjaan yang diinginkan tersebut.

Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!