Yamaha R1M 2020 lampu
Home » Otomotif » Yamaha R1M 2020: Makin Aerodinamis

Yamaha R1M 2020: Makin Aerodinamis

Jika berbicara tentang moge sportbike rasanya tidak asing dengan yang namanya Yamaha R1M. Saat ini Yamaha R1M bisa dikategorikan sebagai salah satu moge kelas 1000cc terfavorit di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah penonton di setiap video Youtube yang membahas tentang Yamaha R1M. Memiliki desain bergenre supersport dengan garis bodi agresif menjadikan salah satu faktor motor ini memiliki banyak penggemar di kalangan pecinta otomotif di Indonesia. Motor pabrikan Jepang ini berperan dalam perkembangan Yamaha dalam beberapa kejuaraan balap seperti WSBK, Endurance World Championship, dan Suzuka 8 Hours. Sebelum membaca lebih lanjut, berikut kami sampaikan harga beserta warna terbaru honda BeAT 2021

lampu Yamaha R1M 2020

Yamaha memiliki sejarah panjang dalam membangun motor sport yang dirancang khusus untuk di sirkuit maupun legal di jalan raya. Salah satu motor terbaik yang dikembangkan Yamaha saat ini adalah R1M. Motor ini merupakan hasil pengembangan berdasarkan pengalaman para ahli yang berpartisipasi dalam beberapa ajang balap terkenal.

Dalam pembahasan ini kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai sejarah, spesifikasi hingga harga terbaru. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Sejarah

Yamaha YZF R1M

Yamaha R1M pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 bersamaan dengan rilisnya R1 versi standar model terbaru. Memang tidak banyak perbedaan yang mencolok pada bagian fisik. Namun, Yamaha R1M diproduksi sebagai R1 dengan versi yang lebih advance. Dengan spesifikasi lebih tinggi dari R1 versi standar, Yamaha memberikan pengalaman berkendara layaknya motor balap adalah sesuatu yang bisa didapatkan di R1M.

Perbedaan dengan R1 versi standar adalah ketinggian jok, shock breaker khusus dan beberapa komponen body sudah menggunakan material lebih ringan demi menunjang performa yang lebih baik. Tidak heran jika perbedaan harga kedua motor ini terlampau jauh. Pada awal perilisan tahun 2015, Yamaha R1 dibanderol dengan harga US$16490 atau sekitar Rp. 200 juta, sedangkan R1M seharga US$ 21990 atau sekitar Rp. 267 jutaan. (Harga pada tahun 2015 untuk daerah Amerika Serikat).

Yamaha R1M 2020 depan

Di tahun 2020 Yamaha kembali merilis R1M model terbaru kembali bersamaan dengan rilisnya Yamaha R1 versi standar. Versi terbaru Yamaha R1M mengalami peningkatan pada sisi aerodinamika yang terinspirasi dari desain motor balap Yamaha M1 yang digunakan pada ajang Moto GP.

Spesifikasi

Yamaha R1M 2020 mesin

Mesin

Mesin R1 dan R1M 2020 mendapatkan beberapa upgrade di beberapa bagian yaitu cylinder head baru, rocker arm baru yang lebih ringkas, intake sistem baru yang lebih pendek, fuel injector BOSCH dan airbox baru. Menggunakan rocker arm valve yang lebih ringkas berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja katup yang lebih stabil saat putaran tinggi. Yamaha juga menyematkan injector bahan bakar baru milik Bosch dengan 10 lubang yang bisa mendongkrak performa lebih baik.

Seperti yang Anda ketahui, penggunaan komponen berbahan ringan juga diterapkan di bagian mesin. Yamaha R1M menggunakan komponen internal mesin yang terbuat dari bahan titanium yang ringan. Selain itu, bagian eksternal mesin menggunakan bahan berasal dari Magnesium hingga baut juga diganti dengan bahan aluminium. Komponen-komponen berbahan ringan seperti ini tidak bisa didapati pada Yamaha R1 versi standar.

Yamaha R1M 2020 suspensi

Kaki-kaki

Bagian suspensi adalah bagian cukup terlihat pada Yamaha R1M. Yamaha memberikan peredam kejut merek Ohlins yang memiliki teknologi Electronics Racing Suspension pada bagian depan dan belakang. Pada bagian depan menggunakan Ohlins NPX dengan silinder gas yang terpasang pada bracket depan. Seperti yang diketahui, suspensi Ohlins mempunyai nama yang cukup besar dalam dunia otomotif. Jadi tidak heran apabila Yamaha menggunakan suspensi yang tidak diragukan kualitasnya.

Ohlins menjelaskan bahwa R1M 2020 adalah motor yang pertama kali  yang menggunakan NPX Front Fork dengan Smart EC 2.0. Suspensi ini bisa diatur secara elektrik melalui dashboard dan memiliki teknologi peredaman yang sama digunakan pada motor balap kejuaraan Moto GP. NPX dirancang untuk membantu meminimalkan resiko kavitasi pada lintasan dan meningkatkan kualitas gerakan peredaman. Suspensi ini diklaim oleh Ohlins lebih presisi dan meningkatkan cengkraman ban depan.

Yamaha R1M 2020

Yamaha R1M 2020 menggunakan ban Bridgestone Battlax RS11R dengan ukuran ban depan 120/70 dan ban belakang berukuran 190/55. Menariknya di samping ban terdapat tulisan “Racing Street”. Battlax RS11R memang didesain untuk keperluan track balap namun juga bisa digunakan di jalan raya.

Yamaha R1M 2020 switch

Teknologi

Elektronik canggih turut diberikan pada kedua motor terbaru mereka. Teknologi Inertial Measurment Unit merupakan fitur utama yang ditawarkan pada motor ini. Teknologi ini berperan untuk memproses data tentang kendaraan hingga kecepatan ketika dikendarai agar bisa dilakukan penyerasian dengan sistem pengereman. Semua bisa diatur sesuai kebutuhan melalui tombol di stang kiri maupun kanan.

Selanjutnya sistem Brake Control, terdapat dua tipe pengereman yang disediakan yaitu BC1 dan BC2. Pilihan BC1 digunakan untuk pengereman jalan lurus, sedangkan BC2 untuk pengereman di tikungan yang mana kerja sistem akan meningkat ketika sudut kemiringan menjadi lebih curam.

Yamaha juga memberikan teknologi Engine Brake Management baru dimana nanti pengendara bisa memilih tiga mode engine brake sesuai dengan kebutuhan. Semua teknologi bisa disetting melalui Yamaha Ride Control atau Y-Trac pada smartphone.

Yamaha R1M 2020 kini sudah tidak menggunakan kawat baja sebagai penyambung antara tuas gas ke sensor melainkan meletakkan sensor langsung pada hand grip. Yamaha mematenkan teknologi dengan nama Yamaha Chip Controlled Throttle(YCC-T), mereka menjamin teknologi YCC-T bisa membuka selongsong gas secara presisi.  Kabarnya teknologi ini merupakan rancangan langsung dari pembalap legendaris Yamaha Valentino Rossi.

Yamaha R1M 2020 carbon body

Desain

Dari segi desain baik Yamaha R1M 2020 maupun Yamaha R1 2020  versi standar memiliki desain yang sama hanya warna saja menjadi pembeda antara keduanya. Body work yang didesain ulang diklaim meningkatkan efisiensi aerodinamis sebanyak 5,3 persen dari model sebelumnya sekaligus mengurangi kebisingan dan tekanan kebawah(down force) saat berada dalam posisi tuck(menunduk).  Selain itu, body R1M 2020 sudah menggunakan carbon fiber ringan termasuk di bagian buntut.

Secara garis besar tampilan depan Yamaha R1M 2020 masih terlihat sama dengan keluaran pertama. Namun Setelah mengalami perubahan, lampu depan terlihat lebih ringkas dan kesan motor balap Yamaha M1 terasa lebih kental. Semua lampu sudah menggunakan LED termasuk layar LCD di speedometer.

Harga

Sampai saat ini R1M 2020 masih dijual di Jepang dan masih belum ada kabar mengenai tanggal perilisan di Indonesia.

  • Harga R1: 2.365.000 Yen (sekitar 331 juta Rupiah)
  • Harga R1M: 3.190.000 Yen (sekitar 446 juta Rupiah)

Diprediksi harga R1M ketika masuk Indonesia bisa mencapai 900 Juta Rupiah. Lebih mahal 2 kali lipat dikarenakan tingginya pajak untuk kendaraan berkapasitas besar di Indonesia. Jika berminat, untuk saat ini Yamaha Indonesia hanya menjual R1M keluaran pertama dengan harga 812 Juta Rupiah(OTR Jakarta)

Yamaha R1M 2020 samping

Kesimpulan

Yamaha R1M pertama dirilis pada tahun 2015 sebagai versi yang lebih advance dari R1 versi standar. Kelebihan R1M terdapat di bagian suspensi dan bahan body yang lebih ringan. Yamaha R1M memang ditujukan kepada pengendara yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan motor balap.

Setelah kurang lebih 5 tahun sejak pertama kali Yamaha R1M mendapat beberapa upgrade. Bagian mesin mendapatkan pembaruan di head cylinder, intake sistem, fuel injector, rocker arm dan airbox. Yamaha R1M 2020 merupakan motor yang pertama kali menggunakan suspensi Ohlins NPX yang rata-rata digunakan pada motor balap Moto GP. Teknologi yang lebih mutakhir juga ditanamkan oleh Yamaha pada motor ini antara lain bisa mengatur pengereman serta engine brake sesuai dengan kondisi lintasan.

Semua bisa langsung diatur melalui smartphone maupun tablet. Dari segi desain, Yamaha R1M 2020 mendapatkan  wajah baru yang mirip dengan Yamaha M1. Dengan desain yang baru, efisiensi aerodinamis meningkat sebanyak 5,3 persen. Saat ini Yamaha belum merilis R1M 2020 di Indonesia, butuh merogoh kantong cukup dalam jika berminat memiliki Yamaha R1M 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.