Hariz Rohmad Make it better

10 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Pada Saat Wawancara Kerja

6 min read

contoh kelebihan dan kekurangan diri interpersonal yang baik

Wawancara kerja adalah salah satu tahap proses rekrutmen dari sebuah perusahaan. Dalam wawancara tersebut pasti rekruter bertanya kelebihan dan kekurangan diri sendiri untuk menilai bahwa kita mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Nah maka dari, kami akan memberikan referensi 10 contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat wawancara yang kamu jalani.

Kami membagi contoh kelebihan dan kekurangan diri supaya kamu lancar dalam proses wawancara kerja dan lebih percaya diri.  Sebelum ke contoh kelebihan dan kekurangan, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar menjawab pertanyaan rekruter lancar dan tidak menunggu lama. Berikut tips & contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri, selain itu kamu juga bisa membaca ciri-ciri undangan interview palsu

Tips Menjawab Pertanyaan Kelemahan dan Kelebihan Diri Sendiri

Berbicara Jujur

Setiap kali rekruter bertanya kepada kamu ‘apa kekuatan dan kelemahan kamu’, Kamu harus menjawab dengan jujur. Tidak perlu “mengatur/mengada-ada” jawaban untuk membuat kamu terlihat sangat luar biasa. Selain itu, Kamu harus bisa meyakinkan pewawancara bahwa jawaban yang kamu berikan memang sifat kamu, kalau bisa sekalian kasih contohnya.

Jawablah dengan Benar

Saat memilih jawaban tentang kekuatan dan kelemahan kamu, silakan lihat lagi lowongan yang kamu lamar. Cobalah untuk fokus pada kekuatan kamu dan tetap terhubung dengan kualifikasi pekerjaan. Kamu juga harus mempertimbangkan bahwa kelemahan kamu akan berdampak kecil pada lowongan yang kamu lamar.

Menjawab Semua Pertanyaan

Kamu tidak boleh merasa rendah diri atau sombong ketika berbicara tentang kekuatan dan kemampuanmu. Begitu pula sebaliknya, jangan merasa malu saat harus membicarakan kelemahanmu. Kamu harus menjawab setiap pertanyaan dengan jujur ​​sehingga pewawancara dapat mengetahui lebih banyak tentang kandidat potensial. Selama wawancara, jangan mencoba untuk tidak menjawab bahwa kamu tidak memiliki kelebihan dan kekurangan. Inilah contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri yang bisa kamu jadikan referensi:

10 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Contoh Kelebihan Diri Sendiri

contoh kelebihan dan kekurangan diri penuh semangat
Penuh Semangat

Penuh Semangat

Ingat, ketika kamu menjawab bahwa kamu adalah orang yang penuh gairah, kamu tetap harus rileks. Jangan terlalu panas, jangan terlalu banyak membuat isyarat/gestur. Kamu bisa membuktikannya dengan menjawab, karena kamu selalu bisa menemukan sisi positif dalam setiap pekerjaan yang membuat kamu bahagia.

contoh kelebihan dan kekurangan diri komunikasi yang baik
Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang Baik

Keterampilan komunikasi juga merupakan aspek penting untuk dipertimbangkan saat kamu melamar pekerjaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu akan lebih mudah menjalin hubungan kerja yang baik, sehingga koordinasi pun dapat berjalan dengan lancar. Dengan menjawab setiap pertanyaan selama wawancara, kamu sebenarnya dapat menunjukkan keuntungan ini. Buktikan bahwa kamu tidak bertele-tele, lugas, dan tidak mudah dipahami orang lain.

contoh kelebihan dan kekurangan diri percaya diri
Percaya Diri

Percaya Diri

Percaya diri bisa menjadi jawaban yang wajib kamu katakan, karena percaya diri sangat penting untuk kamu memegang sebuah posisi. Gunakan energi positif dan gerak tubuh yang baik untuk menyampaikan jawaban ini. Pastikan kamu tidak merasa sombong dan berlebihan saat menjawab sifat percaya diri kamu. Cukup memberi contoh, sama seperti kamu selalu percaya pada hasil kerja dan pengambilan keputusanmu.

contoh kelebihan dan kekurangan diri belajar hal baru
Menyukai Belajar Hal Baru

Menyukai Belajar Hal Baru

Kamu juga bisa menjawab bahwa kamu suka mempelajari hal-hal baru di tempat baru. Misalkan dengan mempelajari hal-hal baru, kamu akan merasa tertantang dan ingin mencoba menguasai hal-hal baru. Jika kamu dapat menambahkan kemampuan atau keterampilan baru dari apa yang ingin kamu pelajari, kamu juga dapat memberikan jawaban yang kamu suka. Artinya, kamu tidak perlu khawatir akan keluar dari zona nyaman dan bisa beradaptasi dengan tools yang digunakan.

contoh kelebihan dan kekurangan diri teamwork
Bisa Bekerja Dalam Tim

Bisa Bekerja Dalam Tim

Kamu perlu menyebutkan bahwa kamu mudah untuk melakukan kegiatan bersama. Bahkan jika kamu suka bekerja sendiri, tetapi jika kamu bekerja di kantora akan dihadapkan pada berbagai tugas yang mengharuskan kamu bekerja sama dengan orang lain atau tim kamu. Oleh karena itu, banyak rekruter yang membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan kerjasama yang baik agar pekerjaan koordinasi dapat berjalan dengan lancar. Ketika kamu dan teman-teman kamu mengadakan kegiatan di kampus, kamu dapat menjawabnya berdasarkan pengalaman kamu sendiri ataupun jika kamu pernah memimpin sebuah tim dan kamu mendapatkan hasil yang bagus dari kerja sama tim tersebut.

contoh kelebihan dan kekurangan diri komitmen
Menjaga Komitmen Terhadap Pekerjaan

Bisa Menjaga Komitmen Terhadap Pekerjaan

Untuk menjawab tentang komitmen, kamu harus memastikan bahawa kamu tidak berlebihan dan menyesuaikan dengan kemampuan kamu. Kamu dapat menjawab dengan bangga dan optimis seperti perusahaan yang bekerja untuk kamu dalam situasi apa pun. Kamu juga dapat menjawab bahwa kamu sangat memperhatikan pekerjaanmu sehingga kamu dapat mencurahkan seluruh energimu untuk pekerjaan kamu. Contoh lainnya adalah, misalnya, kamu membangun sebuah tim yang mengharuskan komitmen tinggi untuk dapat bekerjasama dengan baik dan menerapkan value organisasi/perusahaan dalam menjalankan setiap keputusan.

contoh kelebihan dan kekurangan diri rapi
Tampil Rapi

Tampil Rapi

Kebersihan bisa menjadi pertimbangan bagi perekrut. Dalam dunia kerja, selalu rapi merupakan suatu keuntungan, terutama di perusahaan besar. Namun menjaga kerapian di sini tidak hanya pada pakaian, tetapi juga dalam pekerjaan. Misalnya, kamu dapat menjawab bahwa kamu bekerja sesuai urutan tanpa kehilangan detail pekerjaan apa pun.

contoh kelebihan dan kekurangan diri friendly
Pribadi yang Friendly

Pribadi yang Friendly

Kegembiraan di sini berarti kamu bisa diterima oleh orang-orang di sekitar kamu dan banyak orang lainnya, Misalkan kamu memiliki banyak teman dan kerabat ketika kamu masih kuliah. Jika kamu menjawab pertanyaan ini, pewawancara mungkin mendapatkan lebih banyak energi positif dari kamu. Selain itu, pewawancara dapat berpikir bahwa dirinya lebih mudah beradaptasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

contoh kelebihan dan kekurangan diri passion
Passionate

Passionate

Kamu juga harus membuktikan bahwa kamu juga memiliki passion dalam bekerja. Menjadi bergairah tentang pekerjaan berarti kamu dapat menikmati pekerjaan kamu dan membawa ide-ide positif. Beri tahu pewawancara bahwa kamu selalu bersemangat dan bahagia di tempat kerja. Perlu juga disebutkan bahwa dalam bidang pekerjaan yang ingin kamu kerjakan, kamu tidak perlu disuruh mengerjakannya, karena kamu dapat dengan mudah menyelesaikannya tanpa terlebih dahulu memesannya. #WorkWithPassion

contoh kelebihan dan kekurangan diri interpersonal yang baik
Kemampuan Interpersonal yang Baik

Kemampuan Interpersonal yang Baik

Keterampilan interpersonal yang baik juga dapat membantu kamu menjalin hubungan kerja setelah diterima. Kamu bisa menjawab bahwa kamu adalah pendengar yang baik. Pilihan jawaban lain, misalnya, kamu memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Saat menerima sebuah negosiasi, kemampuan ini sedikit banyak akan menguntungkan perusahaan, karena kamu akan membantu mereka bernegosiasi dengan pelanggan, terutama untuk perusahaan seperti ahensi.

Contoh Kekurangan Diri Sendiri

contoh kelebihan dan kekurangan diri cepet kecewa
Cepat Kecewa

Cepat Kecewa

Pastikan itu relevan dengan pekerjaan kamu. Kamu dapat mengkomunikasikan kelemahan ini selama kamu memberikan pembenaran yang masuk akal. Bisa dibilang jika gagal dalam melakukan sesuatu, maka mudah kecewa karena tidak mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun perlu juga disebutkan bahwa kamu tidak akan terus kecewa karena Anda menjadikan kegagalan ini sebagai pemicu, sehingga kamu tidak akan mengulanginya di kemudian hari.

contoh kelebihan dan kekurangan diri bahasa asing
Tingkat Penguasaan Bahasa Asing Kurang

Tingkat Penguasaan Bahasa Asing Kurang

Kemahiran berbahasa asing kini menjadi salah satu kualifikasi penting bagi perusahaan, khususnya perusahaan multinasional. Kamu dapat mengatakan bahwa kamu tidak pandai dalam bahasa asing tertentu, tetapi pastikan kamu dapat berbicara setidaknya satu bahasa asing. Misalnya, kamu mungkin menjawab bahwa kamu tidak pandai berbahasa Jepang, tetapi kamu sudah bisa berbahasa Inggris. Juga komunikasikan bahwa kamu telah mengikuti tes kemahiran bahasa dan skor yang diperoleh.

contoh kelebihan dan kekurangan diri tidak detail
Terlalu Fokus Pada Detail

Terlalu Fokus Pada Detail

Sifat kamu yang terlalu memperhatikan detail terkadang bisa menguntungkan dan menjadi fitur penting dari pekerjaan kamu. Namun, kamu bisa menggunakan fitur ini sebagai salah satu kelemahan kamu. Dengan menjawab secara jujur, pewawancara mungkin mengira kamu sedang bekerja keras. Rekruter akan memperlakukan kamu sebagai salah satu orang yang membuat  perusahaan membuat kesalahan kecil.

contoh kelebihan dan kekurangan diri menguasai bidang tertentu
Kurang Menguasai Bidang Tertentu yang Tidak Relevan

Kurang Menguasai Bidang Tertentu yang Tidak Relevan

Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan angka dan statistik, kamu dapat menjawab jawaban matematis kamu yang lemah. Kamu juga dapat menambahkan dengan menjawab bahwa kamu sedang mencoba mengatasi kelemahan kamu. Misalnya, kamu dapat mengatakan bahwa kamu serius meneliti aplikasi yang dapat digunakan untuk penghitungan cepat.

contoh kelebihan dan kekurangan diri sedikit pengalaman kerja
Sedikit Pengalaman Kerja

Sedikit Pengalaman Kerja

Jika kamu lulusan baru tanpa banyak pengalaman kerja, kamu harus menunjukkan minat pada pekerjaan yang kamu lamar. Kamu bisa menggambarkan langkah-langkah yang akan kamu ambil untuk menunjang karir kamu di masa depan. Misalnya, kamu menghadiri seminar menulis untuk mendukung karier kamu sebagai penulis konten.

contoh kelebihan dan kekurangan diri tidak percaya diri
Tidak Percaya Diri

Tidak Percaya Diri

Untuk introvert dan karyawan baru, kamu mungkin menghadapi banyak masalah. Sifat ini sedikit banyak akan menghambat pekerjaan kamu karena kamu memilih diam daripada harus menerima penolakan saat mengungkapkan ide. Namun, jika kamu menjawab pertanyaan ini, pastikan untuk menunjukkan bahwa kamu mencoba untuk memperbaikinya. Salah satu caranya adalah menjawab bahwa kamu mengikuti kursus berbicara di depan umum untuk meningkatkan kepercayaan diri.

contoh kelebihan dan kekurangan diri ragu percaya orang
Ragu-Ragu Mempercayai Orang Lain

Ragu-Ragu Mempercayai Orang Lain

Jika kamu menjawab bahwa kekurangan kamu sendiri membuat kamu sulit mempercayai orang lain, pastikan kamu tidak mengomunikasikannya secara negatif. Tetap tenang dan berhati-hatilah agar tidak memberikan kesan buruk. Kamu dapat mengatakan bahwa sifat kamu hanya berlaku untuk orang yang tidak kamu kenal. Bisa juga dikatakan bahwa sifat kamu sebenarnya membuat kamu lebih berhati-hati saat mengambil langkah atau mengambil keputusan.

contoh kelebihan dan kekurangan diri tidak rapi
Tidak Rapi

Tidak Rapi

Jika kamu bukan orang yang rapi, harap pastikan bahwa kekacauan kamu tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Misalnya, tentang meja kerja yang tidak terorganisir, atau kamu tidak pernah mengatur pesan masuk di email. Kamu juga bisa menjawab bahwa kamu selalu bersih-bersih minimal seminggu sekali untuk mengungguli kecerdasan. Pewawancara mungkin mengira ini adalah salah satu upaya kamu untuk memperbaiki diri.

contoh kelebihan dan kekurangan diri mudah marah
Tidak Sabar Menunggu

Tidak Sabar Menunggu

Kamu juga bisa menggunakan kelemahan sebagai keuntungan. Misalnya, kamu adalah orang yang tidak sabar dalam bekerja. Tambahkan jawaban, Anda ingin pekerjaan Anda selesai dengan cepat. Tambahkan ke jawaban kamu akan selalu membuat daftar tugas atau daftar tugas, dan kamu dapat menggunakannya sebagai pengaturan prioritas untuk pekerjaanmu.

contoh kelebihan dan kekurangan diri berbagi pekerjaan
Tidak dapat Berbagi Pekerjaan dengan Orang Lain

Tidak dapat Berbagi Pekerjaan dengan Orang Lain

Kamu mungkin sangat suka bekerja sendiri, tetapi sebagai orang yang sosial, kamu juga membutuhkan bantuan orang lain. Kamu mungkin terdengar seperti orang yang hebat karena Kamu sangat gesit saat melakukan pekerjaan sendiri. Namun, karena kerja tim untuk menyelesaikan pekerjaan, sulit untuk dipromosikan menjadi manajer. Kamu dapat mengatasi kelemahan ini dengan menjawab bahwa kamu saat ini berusaha lebih mempercayai orang lain atau menyadari bahwa ada banyak manfaat jika kamu berbagi tugas.

Itulah tadi 10 contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri yang bisa kamu jadikan referensi untuk kelancaran wawancara kerja kamu, tetapi harus kamu ingat bahwa kejujuran sangat penting untuk menjawab kelebihan dan kekurangan diri kamu sendiri. Rekruter juga pasti memahami kalau kamu tidak jujur menyebutkan kelebihan dan kekurangan diri kamu.

Hariz Rohmad Make it better

One Reply to “10 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Pada Saat…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!