undangan interview palsu
Home » Career Corner » Ciri-Ciri Surat Undangan Interview Palsu

Ciri-Ciri Surat Undangan Interview Palsu

Banyak sekali macam-macam undangan interview palsu yang tersebar. Saat mencari pekerjaan, semua orang, termasuk kamu, menginginkan posisi dan gaji yang dapat membuatnya merasa nyaman dan menopang hidupnya. Apalagi jika pekerjaan tersebut sesuai dengan passion dan bidang profesional. Jika pekerjaan sesuai dengan passion kamu, lingkungan kerja bagus, dan gaji sesuai dengan yang diharapkan, maka kamu pasti akan lebih produktif dan semangat dalam segala tugas dan tugas rutin dalam pekerjaan. Namun, sebelum melamar pekerjaan, kamu perlu berhati-hati dan mempertimbangkan perusahaan yang kamu cari. Bukan karena kamu benar-benar membutuhkan pekerjaan, tetapi karena kamu menutup mata terhadap hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru yang valid dan terpercaya dihalaman loker kami.

Berbagai modus penipuan lowongan kerja yang merajalela telah menyebabkan para pencari kerja merugi jutaan rupiah. Penipu memalsukan surat undangan wawancara atas nama perusahaan dan meminta pelamar kerja untuk mentransfer sejumlah uang untuk pembelian tiket, akomodasi, dan biaya lainnya. Mereka berjanji untuk mengganti biaya tersebut setelah wawancara atau proses seleksi. Ada banyak ciri ciri undangan interview palsu yang pada umumnya dapat kamu temui jika kamu mendapatkan undangan interview penipuan lewat email. Berikut contoh surat panggilan interview palsu:

Pakai Email Gratisan

ciri-ciri undangan interview palsu
Illustrasi, pakai email gratisan

Ciri-ciri undangan interview palsu biasanya diawali dengan email yang dipakai layanan gratisan, jika kamu melamar loker melalui email atau diundang untuk wawancara melalui email, sebaiknya periksa alamat email pengirimin terlebih dahulu. Email perusahaan yang benar dan profesional biasanya memiliki nama perusahaan sendiri di belakangnya, contohnya: career@ngerangkum.com. Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah email yang dirujuk saat melamar loker atau email yang mengundangkamu untuk berpartisipasi dalam wawancara menggunakan email pribadi dengan domain seperti @gmail.com, @hotmail, @outlook.com, @yahoo.com, dll. Kamu bisa mencari tahu email perusahaan melalui website perusahaan, pada umumnya terletak di bagian bawah website atau halaman kontak website.

interview palsu
Illustrasi, penipu menggunakan email resmi perusahaan

Bagaimana kalau kamu dapat undangan interview tetapi email yang dipakai email perusahaan resmi? Jawabnnya yaitu lakukan konfirmasi mengenai undangan interview yang kamu terima bisa melalui email, telp perusahaan maupun bertanya lewat media sosial perusahaan. Perlu diketahui bahwa penipu tidak mendapatkan akses email resmi perusahaan, jadi ketika kamu membalasnya lewat email mereka tidak akan mengetahui.

Posisi Kerja Tidak Jelas

interview palsu
Illustrasi, penipu mengirimkan dokumen interview

Surat undangan wawancara palsu biasanya sepanjang sekitar 7 halaman dan tidak menyebutkan posisi atau lowongan yang akan dipilih. Informasi detail tentang kebutuhan yang sudah tidak relevan atau tidak perlu disebutkan lagi, seperti alat tulis, baju rapi, dll. Stempel pada tanda tangan hanya berupa logo digital, bukan stempel asli perusahaan.

Daftar Nama Semua Kandidat Inteview

interview palsu
Illustrasi, dokumen nama kandidat lengkap

Undangan wawancara harus bersifat pribadi tetapi malah menyertakan nama semua kandidat atau peserta lain. Selain itu, surat undangan wawancara palsu ini juga mewajibkan calon untuk memesan tiket pesawat dengan panitia perekrutan. Modus lainnya adalah dengan memesan tiket melalui agen perjalanan palsu.

Catatan: Beberapa perusahaan mengumumkan seluruh kandidat yang lolos ketahap berikutnya hanya lewat website karier perusahaan, tidak melalui email dan bisa dipastikan tidak ada hubungan dengan agen pemesanan tiket.

Kandidat Menanggung Semua Biaya Akodomasi

interview palsu
Illustrasi, dokumen informasi akodomasi

Adanya beberapa biaya akodomasi yang harus ditanggung sendiri. Dengan menjamin bahwa semua biaya akan dikembalikan setelah kandidat tiba dilokasi perusahaan/lokasi interview.

Informasi Tidak Berhubungan

interview palsu
Illustrasi, dokumen yang tidak penting

Seperti contoh di halaman 4 undangan wawancara palsu ini, tahap seleksi tidak ada hubungannya dengan metode pengembangan. Kualifikasi yang tercantum juga sangat umum, tidak berarti, dan tidak sejalan dengan umpan dengan bayaran tinggi yang diberikan.

Banyak Bagian Tidak Penting

interview palsu
Illustrasi, dokumen tentang informasi tidak penting
interview palsu
Illustrasi, dokumen tentang tanya jawab

Pertanyaan dan jawaban yang tidak biasa dan terlalu umum bahkan tidak membutuhkan penjelasan. Banyak kalimat dalam surat undangan palsu ini yang tidak profesional, bahasa atau kalimatnya sangat rumit, dan banyak ditemukan kesalahan ketik.

Kesimpulan,

Ada beberapa ciri-ciri undangan interview palsu yang bisa dilihat secara visual, yaitu:

Ciri-Ciri Undangan Interview Palsu
1. Logo gepeng
2. Struktur bahasa rumit/tidak jelas.berbelit
3. Selalu ada biaya akomodasi lengkap dengan agen travel dan harus adanya bayar terlebih dahulu
4. Email tidak ada body maupun tampilan tidak rapi
5. Kebanyakan total halaman dokumen 7 halaman
6. Tidak menyebutkan posisi kerja secara detail
Ada yang ingin menambahkan?
Disclaimer Tidak ada hubungannya gambar dengan perusahaan terkait, illustrasi gambar murni merupakan materi dokumen dari penipu dan dipergunakan sebagai contoh dari artikel.

There are 2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.