Haruta Make it real

Samsung S20 FE: Smartphone Untuk Fans Samsung

3 min read

Samsung Galaxy S20 FE

Kali ini Samsung menghadirkan sebuah smartphone premiumnya yaitu Samsung S20 FE atau Fan Edition, sebuah smartphone yang  lebih terjangkau. Kata Fan Edition disini bukan berarti revisi seperti pada Samsung Note FE yang sebelumnya bernama Note 7, smartphone ini dikabarkan bermasalah pada sektor baterai yang bisa membahayakan pengguna.

Tidak ada yang bermasalah pada Galaxy S20 series. Setelah Samsung menerima masukan dari para penggemar, kemudian Samsung merilis smartphone kelas premium yang bisa diharapkan bisa dijangkau oleh lebih banyak orang. Maka dari itu imbuhan Fan Edition pada Galaxy S20 FE sendiri memiliki arti Galaxy S20 versi lite. Tidak seperti S10 Lite atau Note 10 Lite, Galaxy S20 versi lite ini tidak begitu banyak fitur yang dipangkas dari Galaxy S20 series diatasnya.

Warna Samsung Galaxy S20 FE
Warna Samsung Galaxy S20 FE

Warna

Samsung Galaxy S20 FE tersedia dengan pilihan 6 warna:

  • Cloud Mint
  • Cloud Navy
  • Cloud Lavender
  • Cloud Red
  • Cloud Gold
  • Cloud White 

Merilis 6 warna bisa dibilang gerakan yang beresiko bagi produsen. Tetapi ini sangat menguntungkan dari sisi konsumen, karena konsumen bisa memilih warna sesuai selera. Sesuai dengan namanya yang memang diperuntukkan untuk para penggemar.

Desain

Sisi belakang menggunakan bahan Glasstic yang cukup banyak di pakai smart phone keluaran Samsung, sekedar informasi Glasstic atau yang disebut Glass plastic adalah bahan polikarbonat yang diolah hingga menyerupai bening dan kilapnya kaca. Alhasil, banyak yang mengira bahwa bahan ini adalah kaca. Tidak hanya itu, bagian belakang menggunakan haze finish atau matte sehingga cukup nyaman ketika digenggam. Kemudian ditambah dengan bingkai samping berbahan metal memunculkan kesan ekslusif.

Galaxy S20 FE juga memberikan kemudahan  ketika melakukan penguncian atau mengatur volume, karena letak tombol kunci dan volume  berada di sisi kanan. Posisi ini dirasa cukup memberikan banyak kemudahan ketimbang posisi tombol kunci dan volume berbeda sisi, seperti kunci di sebelah kanan volume sebelah kiri atau pun sebaliknya.

Layar menggunakan super AMOLED berukuran 6,5 inch tipe flat screen berlapis Gorilla Glass 3. Berkemampuan full HD resolusi 2400×1080 pixel dengan kerapatan 407PPI. Kemudian, refresh rate yang tinggi sekitar 120Hz membuat mata lebih betah ketika melihat halusnya pergerakan layar ketika bermain game atau hanya sekedar melakukan scrolling.

Sistem Penguncian

Sistem keamanan Samsung Galaxy S20 FE memiliki finger print optic di bagian layar, untuk S20 series lainnya sudah menggunakan sensor ultra sonic yang mampu membuka kunci lebih cepat dibanding  sensor optic.

Audio

Bagian speaker tak perlu diragukan lagi, Samsung Galaxy S20 FE ini sudah menggunakan speaker stereo racikan AKG. Posisi berada di kanan bawah dan di atas di bagian ear place. AKG sendiri merupakan merk speaker maupun headset yang sudah tidak asing di telinga pecinta Samsung Galaxy. Namun, jack audio untuk headset tidak tersedia di Samsung Galaxy S20 FE, tetapi tidak perlu khawatir saat ini sudah banyak tersedia TWS(True Wireless Stereo) dengan harga terjangkau.

Baterai

Dengan kapasitas baterai cukup besar yaitu 4500mAh, Samsung Galaxy S20 FE sudah dibekali dengan port USB type C dengan fitur super charging 25W dan fast wireless charging 15W. Charger Wireless tidak tersedia di box Samsung Galaxy S20 FE. Namun bisa dibeli secara terpisah. Menariknya smart phone ini bisa melakukan reverse wireless yang memungkinkan untuk mengisi daya aksesoris seperti smart watch atau ear buds yang mendukung pengecasan secara wireless.

Spesifikasi

Memiliki ketebalan 8,4 mm dan bobot 190 gram, menjadikan smart phone ini lebih berat dari kakanya yaitu S20 dan S20+ tetapi masih lebih ringan dari S20 Ultra.

Melihat dapur dari Samsung Galaxy S20 FE. Smart phone ini diberikan chipset yang sama dengan S20 series Exynos 990. Terdapat beberapa pilihan kapasitas memori 128GB internal RAM 6GB , internal 128GB 8GB RAM, dan 256GB internal RAM 8GB.

Samsung Galaxy S20 FE sudah dibekali dengan slot untuk dual SIM, menariknya bentuk slot SIM 1 dan SIM 2 dibuat berhadapan sehingga terlihat lebih ringkas. Jika merasa kapasitas internal masih kurang pengguna bisa menambahkan SD Card eksternal hingga 1 TB, dengan syarat pengguna harus mengorbankan SIM 2.

Salah satu fitur utama yang ditawarkan Samsung di setiap hp-nya adalah di bagian kamera, meskipun S20 FE merupakan versi lite dalam S20 series, hasil dari jepretan S20 FE tidak kalah dengan S20 seri lainnya.

Kamera

Pada kamera depan  terdapat satu lensa dengan resolusi 32MP/f 2.2. Kemudian, di bagian belakang S20 FE mengandalkan  tiga jenis lensa kamera yaitu lensa wide dengan resolusi 12MP/f 1.8, lensa Tele dengan resolusi 8MP/f 2.4 dan lensa Ultra Wide dengan resolusi 12MP/f 2.2 dan dilengkapi dengan 3x optical zoom serta 30x digital zoom.  Untuk pengambilan video S20 FE mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Tidak sampai situ saja, di bagian kamera terdapat cukup banyak fitur dan mode yang disajikan Samsung terutama mode malam, tracking auto focus, mode single take(terdapat beberapa pilihan format hasil yang diinginkan seperti video/foto/boomerang/foto filter dalam sekali pengambilan gambar)

Fitur

Untuk konektivitas Galaxy S20 FE sudah dilengkapi dengan 4G LTE, Wi-Fi 6, Bluetooth 5 dan NFC

Samsung Galaxy S20 FE juga didukung dengan fitur DEX yang memungkinkan merubah  HP menjadi sebuah computer dengan menggunakan perangkat Samsung DeX.

Salah satu fitur premium yang tidak dipangkas adalah perlindungan IP68 yang diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman hingga mencapai 1.5 meter selama 30 menit.  

Harga

Dengan harga dibawah 10 Juta Rupiah kita sudah bisa mendapatkan Samsung S20 FE. Seperti yang di sebutkan diatas, Samsung menargetkan produknya bisa menjangkau kalangan yang lebih luas. Dengan harga yang terjangkau , kita sudah bisa merasakan beberapa fitur smart phone flagship dari Samsung.

 

Haruta Make it real

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!