soul_review
Home » Entertainment » Movie » Review Film Soul: Tujuan Hidup Bukan Hanya Impian

Review Film Soul: Tujuan Hidup Bukan Hanya Impian

Setelah mengalami beberapa kali penundaan jadwal penayangan, film animasi Soul akhirnya di rilis pada tanggal 25 Desember di layanan streaming Disney+ Hotstar. Sebelum anda membaca review film soul disney ini kami ingatkan ke kalian bahwa ulasan ini akan sedikit banyak mengandung spoiler. Bagi kalian yang ingin membaca review Wonder Woman 1984. Selamat membaca! 

review-film-soul
Film Soul 2020

Film Soul menceritakan tentang seorang guru musik paruh waktu bernama Joe. Suatu hari ketika dia sedang mengajar di kelas dia melihat salah satu muridnya yang bernama Connie begitu menikmati permainannya hingga di tertawakan oleh teman-temannya. Joe kemudian menjelaskan kepada anak-anak yang lain bahwa tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan oleh Connie, lalu dia sedikit bercerita mengenai bagaimana dia mengenal musik dan mencintai musik seperti sekarang ini. Di tengah penjelasannya tersebut kepala sekolah datang dan memberikan kabar yang seharusnya membuat Joe gembira, kabar tersebut menjelaskan bahwa Joe akan diangkat menjadi guru musik tetap di sekolah tersebut. Namun entah kenapa Joe merasa bahwa hal itu bukanlah kabar gembira baginya karna menjadi guru musik bukanlah yang ia inginkan.

film soul
Film Soul 2020

Setelah pelajaran usai Joe pergi ke butik milik ibunya dan memberitahu kabar bahwa dia mendapat tawaran menjadi guru tetap di sekolah tersebut. Ibunya merasa sangat senang dan menyuruh Joe untuk mengambil kesempatan itu. Namun lagi-lagi Joe masih tidak yakin itu adalah keputusan yang tepat yang harus diambilnya. Beberapa saat kemudian Joe mendapatkan panggilan dari temannya yang memberikan tawaran bahwa ia akan menjadi band pengiring dari seorang legendaris Jazz bernama Dorothea, tanpa berpikir panjang Joe langsung pergi ke tempat latihan konser Dorothea. Pada awalnya Joe sedikit di remehkan oleh Dorothea, namun setelah Joe bermain piano hingga tenggelam keangan-angannya Dorothea pun kagum dan menyetujui Joe sebagai bagian dari pengiring konser Jazznya. Mendengar hal itu Joe sangat gembira, hal inilah yang selama ini dia impikan menjadi musisi Jazz dan berkolaborasi dengan seorang legenda Jazz yang ia kagumi. Karna kegembiraan ini membuat Joe tidak meperhatikan sekelilingnya ketika ia berjalan, beberapa kali Joe hampir celaka hingga pada akhirnya dia masuk ke lubang selokan.

review soul
Film Soul 2020

Awalnya Joe bingung dan bertanya kepada jiwa-jiwa yang ada di sana, setelah mengetahui informasi bahwa dia sedang menuju alam sesudah kehidupan Joe pun berlari hingga akhirnya dia terjatuh ke alam sebelum kehidupan. Saat jatuh ke alam sebelum kehidupan Joe bertemu dengan jiwa-jiwa baru, hingga akhirnya dia bertemu Jerry seorang penjaga di alam sebelum. Jerry mengira bahwa Joe adalah seorang mentor yang sedang tersesat, kemudian Jerry mengajak Joe untuk ke tempat seminar, dimana Joe berkesempatan menjadi mentor seorang Jiwa bernama 22. Tugas Joe adalah membantu menemukan Spark untuk melengkapi listnya. Pada awalnya 22 ini tidak mau dimentori karna dia tidak ingin memiliki kehidupan di Bumi, namun karna melihat si Joe yang sangat ingin kembali memiliki kehidupannya, akhirnya 22 pun membantu Joe untuk kembali ke kehidupannya. Di sisi lain ada penjaga kehidupan bernama Terry yang merasa kehilangan satu nyawa di alam sesudah.

review_soul
Film Soul 2020

22 pun mengajak Joe ke tempat orang yang mungkin bisa membantunya pergi ke kehidupan Joe di Bumi. Di tempat itu terlihat banyak sekali jiwa-jiwa yang melayang dan sedang hanyut menikmati aktivitasnya. Selain itu juga ada jiwa-jiwa yang tersesat yang di selimuti oleh debu hingga menyerupai monster. Tak lama kemudian datanglah Moonwind beserta anak buahnya. 22 memperkenalkan Joe pada Moonwind, seseorang yang mungkin bisa menolong Joe. Moonwind kemudian menjelaskan bahwa jiwa-jiwa yang tersesat yang di selimuti debu itu adalah jiwa seorang manusia di Bumi yang sedang kehilangan arah dan tujuan hidupnya. Moondwind beserta anak buahnya bertugas membantu mereka untuk menemukan kembali gairah hidup mereka. Kemudian Moonwind mendengarkan apa yang Joe inginkan, Moondwind pun membuka portal dunia ke bumi, Joe yang sudah tidak sabar akhirnya masuk kedalam portal tersebut dan tanpa sengaja 22 pun ikut terjatuh ke dalam lubang menuju kehidupan di Bumi.

film_soul
Film Soul 2020

Joe dan 22 yang terjatuh kemudian masuk ke dalam tubuh. Namun Joe tidak kembali ke tubuhnya melainkan ke tubuh seekor kucing sedangkan 22 masuk ke dalam tubuh Joe. Hal ini menjadi sebuah masalah karna Joe ingin kembali ketubuhnya. Kemudian selama 22 berada di tubuh Joe, Joe memberikan saran apa saja yang harus dilakukannya sebagai Joe. 22 yang berada di tubuh Joe tenggelam atas nikmatnya kehidupan di bumi, hingga dia ingin memiliki kehidupan di Bumi. Namun hal itu di bantah oleh Joe, dia mengatakan bahwa hal yang dirasakan 22 adalah kehidupan manusia biasa dan bukan sebuah tujuan hidup seseorang. Terry seorang penjaga alam sesudah kehidupan kemudian menemukan jiwa yang hilang tersebut dan akhirnya membuat sebuah portal menuju alam sebelum kehidupan. Joe dan 22 kemudian terjatuh kedalam portal dan kembali ke alam sebelum. 22 yang telah melengkapi listnya kemudian memberikannya ke Joe dan dia pergi ke tempat jiwa yang hilang. Joe pun kembali ke Bumi ke kehidupannya.

soul review
FIlm Soul 2020

Joe yang kembali ke tubuhnya dan menjadi seseorang yang selama ini dia impikan, tidak lantas membuat Joe bahagia dan puas. Kemudian dia bertanya kepada Dorothea mengenai apa yang dia rasakan, lalu Dorothea memberikan sebuah nasehat dengan perumpamaan yang mengandung makna yang begitu dalam. Joe yang tersadar kemudian pergi ke tempat jiwa yang hilang dengan cara dia tenggelam saat memainkan musik. Setelah sampai di tempat itu dia bertemu Moondwind dan meminta pertolongan untuk mencari 22. Joe kemudian menemukan 22 yang sudah di kelilingi oleh debu karna dia merasa tidak layak untuk mendapatkan kehidupan. Joe pun mencoba masuk ke dalam balutan debu 22, dia memberikan semangat dan nasehat kepada 22 hingga akhirnya debupun mulai runtuh. 22 pun akhirnya tersadar dan siap untuk pergi ke kehidupan di bumi sedangkan Joe sudah ikhlas untuk pergi ke alam sesudah kehidupan. Namun Jerry sang penjaga alam sebelum kehidupan memberikan 1 kesempatan lagi untuk Joe untuk bisa merasakan kehidupan lagi di bumi.

Review film Soul 2020:

soul_review
Film Soul 2020

Film Soul ini merupakan film animasi Pixar yang sangat menyentuh dan filosofis. Berbeda dengan film Pixar lainnya yang masih bisa dinikmati oleh anak-anak, film ini seolah-olah tidak ditujukan untuk anak-anak. Materi mengenai kehidupan yang kompleks serta filosofi-filosofi kehidupan yang diangkat dirasa terlalu berat untuk bisa dicerna oleh pemikiran anak-anak. Bisa jadi anak-anak hanya menilai film ini sebagai film sedih dan tidak tahu harus mengambil pesan apa. Namun bagi kita seseorang yang telah dewasa yang menonton film ini pasti akan mengatakan bahwa film ini benar-benar dibuat dengan cerdas. Pengulas sendiri merasakan bahwa setelah menonton ini banyak sekali hal yang selama ini tidak terpikirkan akhirnya hal itu bisa menjadi refleksi diri. Hal-hal yang mungkin selama ini kita impikan dan ingin segera di capai belum tentu itulah tujuan hidup kita sebenarnya. Di samping pesan-pesan yang sangat ngena ke penonton, film ini juga bisa diprediksi akan masuk ke dalam nominasi Academy Awards 2021. Film Soul 2020 diprediksi akan mendapatkan beberapa nominasi seperti Best Animated Feature, Best Original Screenplay, Best Original Score, Best Original Song, dan bahkan Best Picture sekaligus. So, film ini sangat pengulas rekomendasikan bagi kalian yang ingin menikmati film di akhir pekan. Sampai jumpa di ulasan berikutnya!

There are 2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.