Haruta Make it real

Review Sound of Metal: Berdamai Dengan Keterbatasan Diri

3 min read

Review sound of metal amazon prime

Review film Sound of Metal – Sound Of Metal rilis pada tahun 2019 di berbagai festival film,namun baru rilis di layanan streaming pada tanggal 4 Desember 2020. Film ini di sutradarai oleh Darius Marder dan dibintangi oleh Riz AhmedOlivia CookePaul Raci. Sebelum membaca review Sound of metal kami ingatkan bahwa review ini akan sedikit banyak mengandung spoiler. Bagi kalian yang ingin membaca review film soul, bisa langsung cek di link berikut. Selamat membaca!

sound of metal review
Film sound of metal 2019

 

Film ini menceritakan tentang seorang drummer band metal bernama Ruben. Band ini hanya beranggotakan Ruben dan pacarnya Lou sebagai vokalis dan gitaris. Ruben dan Lou sedang melakukan tour ke beberapa negara bagian. Pada awalnya tidak ada yang salah dengan pendengaran Ruben. Dia beberapa kali melakukan tour hingga akhrinya pendengaran ruben mulai terganggu. Namun Ruben tidak menggagap bahwa hal ini adalah masalah yang serius, dia juga tidak menceritakan masalah ini kepada Lou. Ruben pun pergi ke salah satu dokter THT dan melakukan serangkaian tes pendengaran. Setelah menjalani rangkaian tes Dokter pun menyimpulkan dan memberitahukan hasil tes bahwa telinga kanan Ruben hanya mampu mendengar 28%, sedangkan telinga kirinya hanya mampu mendengar 24%. Ruben pun tidak mempermasalahkan hasilnya, dia hanya ingin tau cara bagaimana dia bisa mengatasi ketidak mampuannya itu. Dokterpun memberikan beberapa saran agar dia menjauhi suara-suara keras dan beristirahat. Selain itu juga, dokter memberikan informasi mengenai implan.

film sound of metal
Film sound of metal 2019

Ruben yang seharusnya menghindari suara keras, akhirnya tetap nekat untuk melanjutkan tournya hingga akhirnya Ruben benar-benar kehilangan seluruh pendengarannya. Diapun pergi ke belakang panggung dengan napas terengah-engah sekaligus marah. Lou pun menyusul Ruben dan bertanya apa yang sebenernya terjadi pada Ruben. Rubenpun dengan keadaan tidak mendengar akhirnya menjelaskan permasalahannya bahwa dia kehilangan pendengarannya. Lou yang mengetahui hal itu sangat terkejut dan menangis, dia meminta bantuan ke temannya Hector untuk di carikan solusi mengenai permasalahan Ruben. Hector pun memberikan solusi, agar Ruben mengikuti sebuah perkumpulun orang tuli untuk mendukung psikisnya.

sound_of_metal_amazonprime_review
Film sound of metal 2019

Ruben dan Lou akhirnya pergi ke tempat perkumpulan yang disarankan oleh Hector. Disana dia bertemu dengan pemilik perkumpulan tersebut yang bernama Joe. Setelah mendapat beberapa informasi mengenai perkumpulan tersebut, Ruben dan Lou pergi beberapa saat untuk mendiskusikan apakah hal ini yang terbaik untuk Ruben, mereka pun berdebat hebat mulai dari rencana tour mereka, hubungan percintaan mereka hingga rencana masa depan mereka. Setelah perdebatan itu akhirnya mereka memutuskan bahwa perkumpulan ini hal yang terbaik untuk Ruben. Lou pun pergi kembali ke rumahnya sedangkan Ruben kembali ke tempat tadi dan menjadi bagian dari perkumpulan tersebut.

review netflix sound of metal
FIlm sound of metal 2019 Amazon Prime

Di awal perkumpulan tersebut Ruben sangat terlihat tidak nyaman dan tidak mengerti sama sekali ASL (American Sign Language) yang mereka lakukan. Ruben pun akhirnya mengikuti pelatihan dasar ASL di sebuah sekolah, dia pun mulai menjalani kesehariannya. Beberapa kali Ruben pergi ke kantor Joe untuk menggunakan komputernya dan mengecek keadaan dari Lou, sebenarnya hal ini merupakan larangan bagi setiap orang yang tinggal di perkumpulan tersebut. Ruben yang mulai terlihat bosan di beri tugas oleh Joe untuk menulis apapun yang ingin dia tulis untuk mengisi kekosongannya di pagi hari. Ruben yang masih belum menerima kondisinya, sesekali marah dan emosi dengan apa yang dialaminya.

sound of metal film
Film sound of metal 2019

Setelah berjalannya waktu, Ruben pun mulai bisa berkomunikasi dengan menggunakan ASL, dia pun mulai mengajari anak-anak penyintas lainnya untuk bermain perkusi. Suatu hari dia pergi ke kantor Joe lagi untuk mengecek keadaan Lou, namun Lou rupanya sudah melakukan tour solonya, hal ini membuat Ruben marah dan akhirnya membuat dia menjual semua peralatan musiknya dan mobil karavannya untuk melakukan operasi implan. Setelah melakukan implan, diapun pergi ke tempat perkumpulan Joe dan menjelaskan kepada Joe mengenai kepergiannya beberapa hari dari rumah perkumpulan. Joe yang merasa kecewa karna Ruben telah melanggar aturan akhirnya menyuruh Ruben untuk pergi dari rumah perkumpulan tersebut. Rubenpun pergi dan tinggal disebuah motel untuk beberapa minggu hingga jadwal kontrol implannya terpenuhi. Ketika menjalani kontrol ternyata pendengarannya masih belum bisa kembali normal seperti sedia kala, namun dia lebih peka mendengar suara-suara yang akhirnya malah menggangu pendengarannya.

Review_sound_of_metal
Film sound of metal

Setelah dari rumah sakit, Ruben pergi mengunjungi rumah orang tua Lou, namun Lou tidak berada di rumah, diapun bertemu dengan ayah Lou dan berbincang mengenai kehidupan Ruben. Di sore hari Lou pulang, Lou sangat senang dan gembira melihat Ruben yang sedang berkunjung ke rumahnya. Rubenpun menjelaskan kepada Lou bahwa dia sudah melakukan implan. Di malam hari ayah Lou mengadakan sebuah pesta, Rubenpun diperkenalkan kepada orang-orang di pesta tersebut. Namun Ruben merasa tidak nyaman dengan kondisi pesta yang sangat bising. Setelah pesta usai, Ruben dan Lou kembali ke kamar dan berbincang mengenai hubungan mereka dan persiapan tour mereka ke depan. Namun Lou tampak tidak bahagia dengan hal itu, Ruben pun bisa merasakannya dari wajah Lou. Keesokan harinya Ruben meninggalkan rumah Lou. Dia berjalan menuju sebuah taman, kemudian dia duduk dan memperhatikan ke seluruh penjuru, dia merasakan kebisingan dimana-mana hingga akhirnya dia melepaskan alat bantu dengarnya dan merasakan kesunyian yang indah.

Review Film Sound Of Metal (2019) :

sound of metal amazon prime
Film sound of metal 2019

Ketidakmampuan yang datang tiba-tiba terhadap sesuatu yang selama ini menjadi bakat utama kita memang hal yang sangat menyedihkan dan menyakitkan untuk kita. Hal ini akan selalu menjadi kekecewaan dan kemarahan, jika kita tidak bisa berdamai dengan diri kita sendiri. Itulah yang ingin di sampaikan oleh film ini. Film ini menurut pengulas sangat berhasil membuat para penonton merasakan apa yang sedang dialami oleh tokoh utamanya. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kemampuan acting Riz Ahmed yang tidak bisa diragukan lagi. Film ini juga mendapatkan banyak kritikan positif dari para kritikus film. Riz Ahmed pun baru-baru ini mendapatkan penghargaan sebagai Best Actor di Gotham Independent Film Award 2021 berkat actingnya di film Sound Of Metal ini. Tak hanya itu film ini juga kemungkinan masih bisa memenangkan penghargaan bergensi lainnya di ajang-ajang penghargaan perfilman. Bagi kalian yang butuh referensi film dia akhir pekan, film Sound Of Metal ini bisa menjadi alternatif. Kalian bisa menonton film ini di layanan streaming Amazon Prime Video. Okay, berikut review film sound of metal yang bisa kami berikan, sampai ketemu di review selanjutnya!

Haruta Make it real

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!