City pop Miki Matsubara
Home » Entertainment » Music » City Pop, Lagu Era 80-an yang Kembali Populer

City Pop, Lagu Era 80-an yang Kembali Populer

Beberapa waktu lalu internet sempat diramaikan dengan kemunculan tren lagu City Pop, Tren ini diawali ketika lagu berjudul Stay With Me milik Miki Matsubara menduduki peringkat pertama di chart global layanan streaming musik Spotify selama lebih dari sepuluh hari. Lagu berjudul Stay With Me yang pertama kali dirilis pada tahun 1980 ini, kini menjadi salah satu pelopor munculnya kembali lagu-lagu yang menggambarkan kehidupan urban pada tahun 80an atau yang biasa disebut dengan lagu kategori City Pop. 

Lagu City pop muncul pada akhir 1970-an hingga tahun 1980-an sebagai puncak ketenarannya. Kepopuleran lagu ini didukung oleh ledakan ekonomi yang sedang terjadi di Jepang. Gaya hidup mewah perkotaan dan sorot lampu diskotik menjadi suatu yang sangat kekinian pada masanya, sensasi seperti ini bisa dirasakan dalam nada dan melodi lagu City pop yang bergenre jazz, funk, pop, dan disco funk.

City Pop Takeuchi Mariya

Awal kemunculan tren lagu City pop pertama kali berasal dari algoritma Youtube yang merekomendasikan lagu milik Takeuchi Mariya yang berjudul Plastic Love. Namun, tidak disangka banyak yang tertarik hingga banyak musisi youtube yang meng-cover lagu keluaran tahun 80an ini. Tidak sampai di situ, berkat naiknya tren terbaru ini penyanyi lagu Plastic Love itu sendiri sempat merilis ulang albumnya pada tahun 2019.

Karena meningkatnya jumlah peminat lagu City pop saat ini, berikut kami sarankan beberapa lagu selain Stay With Me dan Plastic Love:

Toshiki Kadomatsu – Airport Lady

Airport Lady dirilis pada tahun 1984 dapat ditemukan di album After 5 Clash. Airport Lady menceritakan seorang wanita yang ramah kepada setiap orang dan menjadi idaman setiap lelaki yang digambarkan seperti wanita(pegawai) bandara yang selalu menyapa semua pengunjung dengan ramah.

Tomoko Aran – Midnight Pretenders

Lagu Midnight Pretenders menceritakan tentang sepasang kekasih yang hubungannya sudah diujung tanduk, tidak tau harus dibawa kemana dan salah satu masih berharap agar hubungannya masih tetap bisa bertahan walaupun pasangannya sudah bosan. Lagu ini dirilis pada tahun 1983 dan dapat ditemukan di album Fuyukukan yang ditulis oleh Tomoko Aran sendiri.

Takako Mamiya – Mayonaka No Joke (Midnight Joke)

Mayonaka No Joke yang artinya Candaan Tengah malam bercerita tentang seorang wanita yang sudah lelah dipermainkan laki-laki dan selalu merasa bersalah saat berpisah karena dipermainkan tapi dia tetap tegar menjalani hidup meskipun tidak bisa melupakan. Mayonaka No Joke berada di album berjudul Love Trip yang dirilis pada tahun 1982 berbentuk Long-Playing Record kemudian dirilis ulang pada tahun 2014 dalam bentuk CD.

Junko Yagami – Tasogare No Bay City (Bay City Twilight)

Bercerita tentang seorang wanita yang ditinggal pasangannya yang dia cintai dan tidak pernah kembali. Dia sangat merindukan pasangannya dan menganggap hanya si laki-laki yang bisa mengisi hatinya. Tasogare No Bay city berada di album ke tujuh yang berjudul Full Moon dirilis pada tahun 1983. Tasogare No Bay City merupakan lagu yang cukup terkenal pada masanya.

https://www.youtube.com/watch?v=trQLSAnF36Q

Anri – Windy Summer

Windy Summer dirilis pada tahun 1983 dapat ditemukan di album Timely, Lagu ini termasuk lagu yang paling sering diputar pada kategori City Pop. Menariknya lagu ini diaransemen oleh Toshiki Kadomatsu seorang musisi yang namanya sudah tidak asing bagi para pendengar lagu City Pop.

Saito Marina – Crazy For You

Ketika awal mendengar lagu ini langsung terbesit jika ini adalah lagu tahun 80-90an, karena memiliki melodi khas yang nostalgia. Tetapi faktanya, lagu ini dirilis pada tahun 2014. Banyak yang terkecoh karena algoritma Youtube merekomendasikan lagu ini setelah memutar Plastic Love milik Takeuchi Mariya. Crazy For You bisa ditemukan di single berjudul Hajimari Futari.

Lagu Jepang bernuansa 80-an ini memiliki banyak penikmat dari luar Jepang, tetapi anehnya hingga saat ini di Jepang sendiri tidak begitu terkenal. Bahkan, rata-rata orang Jepang tidak mengetahui bahwa lagu seperti ini sangat laris di luar Jepang. Lagu City Pop memang dirasa cocok untuk menemani perjalan malam di perkotaan, berikut kami rekomendasikan beberapa hotel di perkotaan Jakarta. bisa langsung cek di link berikut. Terima kasih telah mampir membaca, Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.