Perbedaan Smartphone Entry-Level, Mainstream, High-end, dan Flagship

Semua orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dalam memilih smartphone. Ada yang menggunakan smartphonenya untuk bermain games seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds, Mobile Legends, Clash of Clans dan game lainnya yang pasti membutuhkan spesifikasi yang lumayan bagus. Ada juga orang yang menggunakan smartphonenya untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain media sosial dan layanan chatting. Semakin banyak orang menggunakan smartphonenya untuk berbagai aktivitas semakin tinggi juga harga dari smartphone yang ditawarkan, tetapi kamu harus tau bahwa ada 4 kategori gadget yaitu entry-level, mainstream, high-end dan flagship. Kamu bisa memilih gadget dengan melihat 4 kategori tersebut yang menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kami akan mambahas perbedaan entry-level, mainstream, high-end dan flagship biar kamu cepat dalam menentukan gadget kamu.

Entry-level

smartphone entry level xiaomi redmi 5a
Xiaomi Redmi 5A – Gambar oleh YT/Gadgetin

Pada segmen Entry-Level atau biasa disebut kelas bawah merupakan kategori segmentasi yang menargetkan kalangan bawah. Kalangan bawah dapat diartikan seperti minim bajet dalam membeli smartphone. Beberapa merek smartphone banyak menawarkan produk entry-level seperti Xiaomi Redmi 5A, Xiaomi Redmi 4a, Meizu M3, ASUS ZenFone Live ZB501KL.

Entry-level mempunyai ciri-ciri spesifikasi seperti ram yang kecil biasanya dimulai dari 512MB sampai 1GB, memakai prosesor seperti dual-core hingga quad-core, memori internal dengan ukuran 8GB sampai 16GB. Harga yang ditawarkan smartphone entry-level berkisar 1 jutaan.

Penggunaan Bermain media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn), layanan chatting (WhatsApp, LINE, WeChat), Game dengan ukuran rendah

Mainstream

smartphone middle level xiaomi redmi 8A
Xiaomi Redmi A8 – Gambar oleh: YT/BangRipiu

Middle-level atau biasa disebut smartphone kelas menengah yaitu segmen pasar yang cukup paham tentang gadget dan penggunanya yang memiliki kebutuhan lebih tinggi dari pengguna entry-level. Smartphone kelas menengah mempunyai spesifikasi yang lebih bagus seperti kapasitas RAM 1-2GB, memakai prosesor quadcore hingga octa-core, kamera 8MB-13MB, mendukung fitur fingerprint. Harga yang ditawarakan berkitar 1-2 jutaan. Beberapa merek smartphone dengan kategori Middle-level seperti Xiaomi Redmi Note 4, Samsung Galaxy J7 Prime, Xiaomi Redmi 8A, LG K10 dan masih banyak lagi smartphone middle-level yang ditawarkan banyak merek.

Penggunaan Bermain media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn), layanan chatting (WhatsApp, LINE, WeChat), Game kelas menengah, menonton film dengan kualitas HD

High End

smartphone high end realme X2 pro
Realme X2 Pro – Gambar oleh YT/GadgetIn

Untuk High End merupakan kelas atas untuk kamu yang mempunyai kebutuhan yang lebih kompleks dan dana yang cukup tinggi karena smartphone high end memiliki harga berkisar 4 hingga 5 jutaan. Produk high-end dirasa cocok untuk kamu yang tidak suka ganti gadget tiap hahun karena high end memiliki spesifikasi yang tinggi dan material yang bagus sehingga dapat dipakai untuk 2-4 tahun ke depan.

High end memiliki spesifikasi yang tinggi seperti kapasitas RAM 3-4, memori internal berkisar 16GB-32GB, prosesor hexa-core hingga octa core, kualitas kamera dengan detail foto yang baik. Beberapa merek produk high e selalu memberikan kelengkapan lebih seperti headset premium, charge dengan ampere besar yang mendukung fast charhing, case premium dan lain-lain. Smartphone high end seperti Huawei P9, OPPO F3 Plus, ASUS ZenFone Zoom S, Realme X2 Pro dan lain-lain

Penggunaan Bermain media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn) lancar, layanan chatting (WhatsApp, LINE, WeChat) cepat, Game berat dengan grafik tinggi, menonton film dengan kualitas HD, kamera dengan hasil bagus

Flagship

smartphone flagship samsung s20 series
Samsung S20 Plus – Gambar oleh YT/GadgetIn

Pada kategori flagship yang merupakan kategori tertinggi dari sebuah merek smartphone. Produk yang dihasilkan dari kategori flahship sangat bagus dan bisa jadi merepresentasikan sebuah merek. Produk flagship seperti Apple iPhone 6 Plus, Samsung Galaxy S20 Series, Huawei P40 Pro, Xiaomi MI 10, OPPO Find X2 Pro, iPhone 11 Series dan banyak lagi. Produk flagship mempunyai fitur terbaik dan sangat bisa diandalkan untuk segala kebutuhan kamu pakai smartphone. Smartphone flagship memulai dengan prosesor octa-core, kapasitas RAM 3-12GB, kamera lebih dari 14MP. Penerapan teknolog terbaru seperti NFC dan lain-lain.

Penggunaan Mau ngapain aja disikat sama smartphone kelas Flagship

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *