Situs Monitoring Lalu Lintas Cyber Crime Di Internet!

Cyberthreat atau ancaman siber selalu menarik jika dilihat dari visual, tetapi sangat berbahaya jika kita tau dampak yang ditimbulkan atas serangan cyber tersebut. Apa sih Realtime Cyber Threat Map ? RCTM adalah peta serangan siber yang menyediakan fungsi pelacakan global secara realtime yang biasanya di gunakan untuk tujuan riset keamanan jaringan, melihat rating serangan, dan untuk memonitoring lalu lintas dunia siber. 

Cyberthreat War Maps

Pastinya hampir setiap hari anda sering membaca berita tentang cyber crime atau cyber war di media televisi maupun online, tetapi sulit dari kita untuk menvisualisasikan gambar serangan yang sesungguhnya tersebut, dari siapa sumber serangannya dan targetnya, metode apa yang di lakukan, Negara mane aja yang sering melakukan serangan atau bahkan yang sering menjadi korbannya.

Disini ada beberapa organisasi keamanan professional seperti kapersky yang dapat menggambarkan bagaimana bentuk dan target.

1. FireEye

cyberwar map cyberthreat
FireEye

Website: Fireeye.com

FireEye adalah sebuah perusahaan keamanan jaringan asal Amerika yang menyediakan automated threat forensics dan perlindungan malware yang dinamis terhadap ancaman cyber yang paling canggih, seperti untuk advanced persistent threats and spear phishing.

Baru-baru ini Cyber Threat Map menjadi terkenal karean film berjudul 60 minutes story yang mengisahkan tentang kejahatan carding. Untuk tampilannya cukup mengagumkan, apalagi dengan tidak adanya raw log yang tertera.

Cek Website

2. Norse Corp

cyberwar Norse Corp
Norse Corp

Website: Norsecorp.com

Favorit kami dan mungkin yang memilik grafis yang terbaik di antara yang lain sehingga kemungkinan kamu dapat betah melihat tampilannya. Norse adalah security company juga, pada display nya kamu akan di sajikan data yang komplit dari tiap serangan yang terjadi, seperti nama organisasi hacker yang melakukan penyerangan dan lokasi IP nya , kota target dan services yang diserang seperti FTP, HTTP atau yang lainnya, serta negara-negara target yang paling popular di serang dan paling popular melakukan serangan.

Cek Website

3. Arbor Network

Cyberthreat War Maps Arbor Network
Arbor Network

Website: Digitalattackmap.com

Layanan serupa pun datang dari Arbor Netwoks dengan Digital Attack Map nya. Arbor mengatakan bahwa peta serangannya berasal dari statistik puluhan ribu pelanggan ISP di seluruh dunia ini yang telah setuju untuk membagikan anonymous network traffic nya dan statistic serangan.

Cek Website

4. Kaspersky

Cyberthreat War Maps Kaspersky cyberthreat
Kaspersky

Website: Kaspersky.com

Kaspersky‘s Cyberthreat Real-time Map memiliki banyak kelebihannya dari yang lain dari segi grafis yang di tampilkannya, yaitu memberikan kesan interktif seperti layaknya sebuah video game, sehingga asyik dari kita untuk melihat peta serangan dari perusahaan antivirus asal Jerman ini.

Kamu dapat memilih serangan mana atau lokasi mana yang bisa kamu ingin lihat, dan kamu pun dapat mengikuti arus serangannya lho, karena efe 3D, seakan-akan ini benar-benar sebuah video game!

Cek Website

5. Anubis Networks

Cyberthreat War Maps Anubis Networks
Anubis Networks

Website: Cyberfeed.net

Pada fitur The Cyberfeed nya, Anubis Networks, akan membawa kamu sekalian tour keliling dunia dengan tampilannya yang sangat mirip Google Earth dan bisa me-mapping basis data dari top malware yang sering melakukan ancaman.

Di Cyber theat map milik Anubis ini memang lebih memudahkan untuk kita menfilter dan meriset serangan-serangan dari Malware daripada serangan tradisional hacker. Mungkin di karenakan perusahaannya yang memang concern di bidang malware analysis.

Cek Website

6. Honeynet Project

Cyberthreat War Maps Honeynet Project
Honeynet Project

Website: Honeynet.org

Di peta serangan milik Honeynet Project memiliki keunggulan yaitu jika serangan di inisiasikan oleh malware, pengunjung dapat melakukan konfirmasi hash dari si malware yang di tampilkan di layar di situs VirusTotal. Data peta serangan ini berasal dari perangkat honeypot yang di sebar di tiap negara.

Cek Website

7. OpenDNS

Cyberthreat War Maps OpenDNS
OpenDNS

Website: Opendns.com

Diantara perusahaan keamanan dan antivirus, OpenDNS Labs pun tak mau kalah, mereka pun memiliki peta serangan sendiri yang memiliki desain tak kalah bagusnya dari yang lain.

Cek Website

8. Checkpoint

Cyberthreat War Maps Checkpoint
Checkpoint

Website: Checkpoint.com

Perusahaan security professional terkemuka asal amerika ini pun memiliki Cyber Attack Map nya juga, untuk grafisnya di nilai lebih soft dan ringan.

Cek Website

9. Fortinet

Cyberthreat War Maps Fortinet
Fortinet

Website: Fortiguard.com

Memimpin industri keamanan jaringan di tingkat enterprise, keandalan Fortinet sudah tidak dapat di remehkan lagi. Untuk tampilan RCTM nya mirip-mirp dengan anubis

Cek Website

10. Trendmicro

Cyberthreat War Maps Trendmicro
Trendmicro

Website: Trendmicro.com

Untuk tampilan memang TrendMicro yang paling sederhana, sistem pelacakannya juga hanya mengindex koneksi C&C communication botnet dan penyebaran spam saja, tidak ada teknik-teknik hacker lainnya.

Cek Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *