cara mengubah suara menjadi teks
Home » Technology » Website Valueable » Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Gratis

Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Gratis

Kadang dalam menulis kamu mager untuk menulis dengan keyboard, dengan masalah tersebut ada banyak website yang menawarkan fitur untuk mengubah suara menjadi teks. Jadi tangan kamu tidak perlu untuk menekan keyboard, hanya bermodal kamu bicara saja sudah cukup untuk kamu menulis di Microsoft Word. Kecanggihan teknologi input suara atau berbicara dengan mikrofon telah diperkenalkan sejak lama.  Bagaimana caranya mengubah input suara menjadi teks, akan kami bahas di tutorial berikut ini. Dengan website ini kamu akan dimudahkan dan bisa dengan cepat mengerjakan dokumen. Kamu hanya perlu web browser seperti Google Chrome, Mozila, Safari ataupun yang lainnya, kemudian mikrofon bisa dari headset kamu.

Cara mengubah suara menjadi teks

cara mengubah suara menjadi teks
Speechnotes.co
  • Buka aplikasi web browser kamu bisa pakai Google Chrome, Mozila Firefox atau lainnya, kemudian masukkan alamat website Speechnotes.co
mengubah suara jadi teks
Pilih bahasa yang digunakan
  • Ketika sudah masuk website Speechnotes, untuk menggunakannya sangat mudah yaitu pertama ubah bahasa yang akan kamu gunakan, misal mau pilih inggris, spayol, indonesia dan banyak banget pilihan bahasa lainnya.
  • Setelah memilih bahasa, letakkan kursor mouse kamu di dalam kotak teks
  • Sebelom kamu berbicara, pastikan mikrofon kamu dalam keadaan berfungsi dengan baik
ubah suara jadi teks
Klik icon mikrofon untuk memulai
  • Sekarang klik tanda mikrofon di sebelah kanan atas kotak teks.
  • Setelah tanda mikrofon kamu tekan, kamu dapat langsung berbicara kata-kata yang akan diubah secara otomatis ke dalam teks oleh Speechnotes.co. Website secara cepat akan menampilkan input suara ke dalam teks tetapi belum ditampilkan di kotak teks. Untuk menampilkannya, tekan tombol enter.
cara mengubah audio ke teks
Contoh memakai Speechnotes
  • Sekarang teksnya telah terlihat dan siap dicopy ke Microsoft Word.

Ada beberapa catatan yang harus kamu perhatikan agar mendapatkan hasil maksimal, seperti:

  • Di sebelah kanan channel kotak teks, terdapat beberapa kode instruksi untuk melakukan perintah lainnya. Misalnya untuk memunculkan tanda baca koma, titik, tanda tanya, titik dua, bahkan paragraf baru.
  • Apabila artikel yang dihasilkan dirasa telah mencukupi, Anda tinggal menyalin teks di dalam kotak untuk dipindahkan ke platform lain yang Anda gunakan.
  • Apabila anda mengalami masalah, misalkan suara kamu tidak dikenali oleh sistem. Solusinya adalah dengan membuka pengaturan suara. Kalau kamu memakai Windows 7/8/10, buka pengaturan kemudian pilih Sistem – Sound.
  • Di bagian input kamu ubah pengaturan ke mikrofon, dan di bawah pilihan mikrofon terdapat bar untuk menguji apakah mikrofon anda bekerja dengan baik atau tidak. Jika terdapat warna merah yang bergerak seiring dengan input suara di sekitaranya, maka dapat dipastikan mikrofon Anda bekerja dengan baik . Tetapi jika tidak ada perubahan apapun berarti mikrofon anda bermasalah.
  • Masalah pada mikrofon dapat disebabkan oleh dua hal yang pertama masalah pada perangkat lunak atau biasa disebut software yang kedua masalah pada perangkat keras atau hardware (misalnya mikrofon pada headset).  Maka, solusi untuk mengatasinya lagi harus disesuaikan dengan masalah yang ditemukan.
  • Pada saat kami menggunakan Speechnotes, tingkat keakuratan Speechnotes menangkap suara mencapai 96%

There is 1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.