10 Daftar Universitas di Kota Malang, PTN & PTS

Kota Malang adalah tempat yang indah dengan pemandangan hijau dan kawasan pesisirnya yang bagus. Bukan hanya sebuah kota bagus, tapi juga terkenal dengan kota pendidikan. Kota Malang menawarkan banyak pilihan universitas terbaik dengan berbagai jenis program pendidikan yang beragam. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pilihan pendidikan tinggi di Kota Malang, maka kamu berada ditempat yang benar karena artikel ini akan membahas Daftar Universitas di Kota Malang.

Universitas Bagus di Kota Malang

Berbagai universitas di Kota Malang menawarkan berbagai pilihan pendidikan tinggi dalam program master dan sarjana, mulai dari ilmu kesehatan hingga desain. Universitas-universitas di Kota Malang hadir dengan tujuan untuk memudahkan masuknya mahasiswa ke dunia pendidikan tinggi, memperluas pengetahuan dan skill mereka serta membantu mereka untuk mencapai aspirasi karir, passion dan tujuan hidup mereka. Berikut adalah daftar lengkap universitas-universitas di Kota Malang yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang tinggi.

Universitas Brawijaya (UB)

rektorat universitas brawijaya malang
Universitas Brawijaya di Kota Malang

Status Universitas: Terakreditasi A

Universitas di malang akreditasi A pertama yaitu Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya (UB) didirikan pada 1963 sebagai salah satu Universitas Negeri di Indonesia. Berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur, UB adalah universitas swasta terbesar di wilayah ini dan sekaligus merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. UB memiliki tujuh fakultas yang menawarkan gelar Sarjana, Magister, dan Doktor dalam berbagai disiplin ilmu, dengan fokus utama pada bidang teknologi, sains, dan kedokteran.

UB menawarkan program-program yang fleksibel dan menuntut kedisiplinan. Program dual degree, misalnya, memungkinkan siswa untuk mendapatkan kedua gelar Sarjana dalam jangka waktu yang lebih singkat dari biasanya. Selain itu, UB juga menawarkan berbagai program penelitian lintas disiplin, peluang beasiswa, dan peluang publikasi jurnal internasional. Dengan program-program inovatif dan inovasi UB, universitas ini menjadi tuan rumah lebih dari 10 ribu siswa, termasuk siswa asing dan mahasiswa Pascasarjana.

Universitas Negeri Malang (UM)

universitas negeri malang
Universitas Negeri Malang

Status Universitas: Terakreditasi A

Universitas di malang negeri kedua yaitu UM alias Universitas Negeri Malang (UM) adalah salah satu perguruan tinggi yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Dibentuk pada tahun 1964, UM telah berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan reputasi yang kuat dalam pendidikan dan penelitian. Tahun ini, peringkat UM masuk ke dalam 15 besar Asia dan 158 di 398 perguruan tinggi dan institusi di seluruh dunia. Penilaian tersebut didasari oleh tiga indikator yaitu kinerja penelitian sebanyak 50%, hasil inovasi 30%, dan dampak sosial 20%.

Kesuksesan tersebut mungkin dikarenakan awalnya UM merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) tertua di Indonesia. Selain itu, fasilitas UM yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari asrama mahasiswa, perpustakaan, masjid, kantor pos cabang UM, poliklinik, hingga sarana olahraga seperti lapangan basket, sepak bola, badminton, dan tenis. Terdapat tiga kampus yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang, yaitu dua di Kota Malang dan satu di Blitar.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN)

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN)
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) | Gambar: Brits-indonesia.com

Status Universitas: Terakreditasi A

UIN Malang merupakan salah satu dari beberapa bilingual university di Indonesia. Sebagian besar sivitas akademika di UIN ini didorong untuk memparalelkan keterampilan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Program pengajaran Internasional di UIN Malang juga mencakup kurikulum yang di-review oleh beberapa universitas di Australia serta Guilan University di Iran yang berkolaborasi dalam riset energi terbarukan. Hingga saat ini, UIN Malang telah menyediakan 6 (enam) fakultas, antara lain: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sains dan Teknologi, serta 1 (satu) Program Pascasarjana.

UIN Malang juga memiliki keunggulan dalam bentuk bangunan, dimana dekat dengan Kota Batu, lahan seluas 14 hektar yang terdiri dari rektorat, gedung perkuliahan, pesantren, business center, poliklinik, dan beberapa laboratorium yang modern dan megah. Selain itu, seluruh mahasiswa di UIN Malang wajib tinggal di ma’had atau pesantren pada tahun pertama.

UIN Malang yang tak hanya akreditasi A dari BAN-PT, namun juga menawarkan kualitas pendidikan tinggi yang berkualitas tinggi. UIN ini juga menyematkan system pendidikan yang menggabungkan antara tradisi universitas dan pesantren di mana seluruh mahasiswa wajib tinggal di ma’had atau pesantren pada tahun pertama. UIN Malang juga memiliki International Class Program (ICP), di mana kurikulumnnya di-review oleh 4 perguruan tinggi di Australia, serta kerja sama dengan Guilan University Iran untuk riset mengenai energi terbarukan. Sampai saat ini, UIN Malang menyediakan 6 (enam) fakultas dan 1 (satu) program pascasarjana, termasuk Program Magister dan Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Agama Islam dan al-Ahwal al-Syakhshiyyah. Kampus UIN Malang sendiri berlokasi di Jalan Gajayana, Kecamatan Dinoyo, Malang, dengan lahan seluas 14 hektar yang terdiri dari gedung perkuliahan modern dan megah, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

universitas muhammadiyah malang
UMM

Status Universitas: Terakreditasi A

Universitas di malang swasta terbaik bisa dibilang yaitu UMM. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dikenal sebagai salah satu universitas yang paling awal melakukan akreditasi A dari BAN-PT. Sejak 2013, pemerintah telah mulai memberikan penilaian terhadap berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk UMM. Dengan terus berinovasi dan memberikan pendidikan yang bermutu, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga telah membuktikan diri sebagai rekan tanding berkelas produktif di Jawa Timur, dengan ditetapkan sebagai kampus swasta terbaik di Jawa Timur selama sembilan tahun.

Kualitas pendidikan yang diberikan juga ikut berperan dalam berbagai penghargaan yang pernah UMM peroleh, seperti Anugerah Kampus Unggul (AKU) sebanyak 10 kali dan empat kali meraih penghargaan AKU Kartika dari Kopertis VII. Kemenangan terbesar UMM adalah menduduki posisi teratas sebagai universitas Islam terbaik di dunia. UMM unggul dari Iran University of Science and Technology dan Cairo University yang juga melakukan upaya yang sama.

Kesuksesan UMM tidak hanya ditunjukkan oleh berbagai penghargaan yang diterimanya. Universitas ini juga dianggap sebagai salah satu universitas berbasis teknologi terkemuka dengan fasilitas yang lengkap, seperti UMM Farm, SPBU UMM, Rumah Sakit UMM, RS Surya Medika Sumbawa, UMM Medical Center, UMM Dome, Taman Sengkaling UMM, BPR Rinjani, Kapal Garden Hotel dan Rayz Hotel UMM yang senantiasa mendayagunakan aliran Sungai Brantas yang melintasi Kampus III UMM.

Universitas Islam Malang

Universitas Islam Malang
Universitas Islam Malang

Status Universitas: Terakreditasi A

Dengan akreditasi A, Unisma menjadi salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LPNU). Unisma dikenal sebagai peringkat satu perguruan tinggi LPNU terbaik di Indonesia. Berdiri di Jalan MT Haryono Malang, merupakan poin penting bagi Unisma untuk melahirkan ahli di berbagai bidang. Tak ayal, Unisma memiliki 15.000 mahasiswa, 500 dosen yang terdiri dari 100 doktor dan 16 profesor, juga menjalin kerja sama dengan berbagai universitas dari luar negeri, yaitu tercatat ada sekitar 117 perguruan tinggi. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang tersedia di Unisma terbilang unik karena menjamin lulusan memiliki sertifikat profesional.

Unisma adalah salah satu perguruan tinggi Islam dengan akreditasi A yang bergengsi. Sebagai salah satu universitas bawahan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LPNU), Unisma berhasil menyabet predikat sebagai lembaga perguruan tinggi LPNU terbaik di Indonesia. tidak hanya diminati di dalam negeri, Unisma juga memiliki para mahasiswa dari seluruh dunia, yaitu dari 34 negara di luar Indonesia. Lokasinya yang tepat di Jalan MT Haryono Malang. Unisma memiliki 15.000 mahasiswa, 500 dosen, termasuk yang terdiri dari 100 doktor dan 16 profesor, serta menjalin kerja sama dengan sekitar 117 lembaga pendidikan internasional.

Daftar Universitas di Kota Malang

  1. Universitas Brawijaya (UB)
  2. Universitas Negeri Malang (UM)
  3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  4. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki)
  5. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)
  6. Universitas Merdeka Malang
  7. Universitas Islam Malang (UNISMA)
  8. Universitas Ma Chung
  9. Institut Teknologi Nasional Malang
  10. Universitas Widyagama Malang

Universitas di Kota Malang menyediakan peluang besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri. Dengan berbagai fasilitas yang lengkap, baik akademik maupun non akademik, mahasiswa dapat memaksimalkan potensi ketika menempuh pendidikan di universitas kota malang. Di samping itu, tingkat kegiatan sosial dan interaksi mahasiswa Sangat tinggi diantara universitas di Kota Malang, yang membuat mahasiswa dapat beradaptasi dan mencari pengalaman yang ia perlukan untuk orang dewasa.

Dengan berbagai fasilitas dan kegiatan yang beragam, universitas di Kota Malang menyediakan lingkungan yang bersahabat dan memungkinkan mahasiswa untuk memaksimalkan potensi berbakat mereka. Oleh karena itu, jika kamu mencari sebuah universitas yang memiliki fasilitas yang luar biasa, universitas di Kota Malang adalah pilihan yang bagus. Kunjungi universitas di Kota Malang, dan mulailah memasuki dunia pendidikan yang penuh tantangan dan menyenangkan. Selamat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *