Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Yuk Kenali 4 Metode Dasar Membuat Kopi

2 min read

Mungkin penggalan kalimat diatas merupakan gambaran ekspresi dari para penikmat kopi. Saat ini kopi menjadi salah satu minuman favorit di seluruh dunia.

Seiring dengan ketenaran dan jumlah penikmat kopi, inovasi-inovasi dalam industri kopi saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari cara pengelolaan perkebunan kopi, keanekaragaman biji kopi, alat-alat yang digunakana dan metode penyajiannya yang semakin hari semakin beragam.

Kopi yang nikmat adalah kopi yang di sajikan dengan takaran dan proporsi yang sesuai selain itu alat dan metode penyajian juga menjadi faktor penting dalam menetukan rasa dari kopi yang kita sajikan. Dalam menyajikan sebuah kopi terdapat empat metode penyajian kopi yang lazim di gunakan oleh para peracik kopi atau barista dalam menyajikan kopi.

Keempat metode dasar penyajian kopi itu adalah cikal bakal konsep pembuatan alat-alat kopi baik yang automatic esspresso machine atau manual brewing yang sering kita jumpai di coffee shop pada umumnya. Keempat metode dasar proses penyajian kopi itu adalah immersing(merendam), dripping (menetes), pressing (menekan) dan boiling (mendidihkan).

  • Immersing Method (merendam)

Immersing method adalah metode yang sangat dasar dan sangat lazim digunakan dan sangat mudah. Metode ini berkonsep pada perendaman kopi dengan tingkatan waktu tertentu.

Biasanya alat yang digunakan dalam metode immersing method ini adalah coffee press atau french press. Kita cukup memasukan ground/serbuk kopi kedalam wadah coffee press masukan air mendidih sesuai dengan takaran groundcoffee yang kita gunakan kemudian cukup rendam kopi beberapa menit biasanya hanya 4-5 menit dalam proses blooming dan ekstraksi kemudian tekan kopi sampai ground coffee tidak tercampur dengan kopi yang sudah disajikan.

Metode immersing merupakan metode yang sangat sederhana karena itu metode ini banyak digunakan. Dalam immersing method hal yang harus kita perhatikan adalah tingkatan dari coffee grind yang kita gunakan. Lazimnya untuk metode perendaman ini tingkat grindyang digunakan adalah coars atau kasar.

  • Dripping Method (tetesan)

Metode yang biasanya di terapkan pada alat-alat manual brewingini memiliki konsep tetesan. Mengapa? Karena proses penyeduhan kopi ini dilakukan menggunakan ketel yang menyiramkan air keatas ground coffee yang akan menetes secara perlahan kedalam gelas. Biasanya manual brewing yang menggunkana metode ini adalah V60, Kallita, vietnam drip dan masih banyak lagi.

Metode dripping juga dapat dikategorikan mudah. Kita cukup menaruh alat manual brewing khususnya yang memiliki prinsip kerja dripping seperti V60 kita diatas sebuah gelas, taburkan kopi diatas V60 yang sudah di lapisi oleh filter altra kemudian siramkan air mendidih kedalam ground coffee. Pastikan untuk metode dripping lazimnya tingkat grind coffee yang digunakan adalah medium grind.

Setelah air mendidih disiramkan air seduhan kopi secara perlahan menetes kedalam gelas. Metode dripping ini biasanya memakan waktu 3-5 menit dalam proses ekstrasi dan blooming kopi. Dan biasanya metode dripping ini paling banyak disajikan.

  • Pressing Method (Menekan)

Pada dasarnya metode ini dilakukan dengan tekanan tinggi untuk menghasilkan sebuah seduhan kopi. Metode ini biasanya hanya untuk menghasilkan esspresso baik secara manua maupun secara otomatis.

Contoh alat yang menggunakan metode ini adalah automatic esspresso machine, rockpresso, aeropress dan masih banyak lagi. Tekanan yang dilakukan terhadap ground coffee akan menghasilkan ekstrak kopi yang kita sebut sebagai esspresso. Semakin kuat tekanan terhadap lopi, semakin baik esspresso yang dihasilkan selain itu juga crema yang di hasilkan akan bagus juga. Untuk tingkat grind kopi yang digunakan adalah fine grind.

  • Boiling method (mendidihkan)

Boiling method ini adalah metode yang sangat unik karena kopi didihkan langsung sehingga kopi akan terasa lebih nikmat rasanya. Alat yang biasa digunakan pada metode ini adalah syphon. Air dididihkan menggukan kompor kecil di tabung bawah yang semakin lama air akan naik ke atas tabung ke dua melalui pipa kapiler kaca yang terhubung diantara kedua tabung seperti kita tahu bahwa syphon memiliki dua tabung di bagian atas dan bawah.

Ketika air mendidih kita masukan ground coffee. Ketika api dimatikan kopi akan perlahan turun kembali ke tabung bawah melalui penyaringan filter altra. Boiling method terbilang cukup rumit mengingat cara pendidihan yang harus menggunakan perapian kecil, namun rasa kopi yang di hasilkan cukup balance.

Ke empat metode tersebut memiliki karakteristik rasa yang di hasilkan, tegantung dari selera kita sebagai penikmat kopi. Namun, sebagai seorang penikmat kopi kita juga harus mencoba ke empat metode tersebut sebagai pembanding rasa sehingga kita dapat mengetahu dari keunggulan keempat metode tersebut. Seperti biasa dalam secangkir kopi terdapat sejuta makna yang dapat kita rasakan.

Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

4 Pekerjaan Seru dan Menyenangkan dengan Gaji Besar

Ada banyak faktor yang membuat seseorang betah atau jengah melakoni pekerjaannya. Mulai dari jenis pekerjaan, lingkungan kerja, hingga gaji . Tidak terpenuhinya salah satu...
Hustler
1 min read

Dampak Perubahan Iklim Global Bagi Manusia

Selama 50 tahun terakhir, aktivitas manusia terutama penggunaan bahan bakar fosil telah melepaskan begitu banyak karbon dioksida ke atmosfer dan mempengaruhi iklim global. Dalam...
Hustler
1 min read

Penyebabnya Ketika Kita Memakan Pedas Kepala Terasa Gatal

Bagi pecinta makanan pedas, makanan yang mengandung banyak cabai sudah menjadi santapan sehari-hari. Tapi untuk sebagian orang, makan makanan yang pedas bisa menyebabkan mata,...
Hustler
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!