Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Perbedaan Ascribed, Achieved dan Assigned Status

1 min read

perbedaan ascribed achieved dan assigned status

Setiap orang ingin mendapatkan status dalam masyarakatnya. Ada banyak cara untuk memperoleh status sosial orang ini. Status sosial seseorang mempengaruhi berbagai hal, termasuk kenyamanan, daya tarik politik, dll. Berikut perbedaan ascribed status achieved status assigned status atau tiga status sosial. Selain itu kami merekomedasikan juga bisa membaca 10 Konsep Geografi

Status sosial adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat. Status ini adalah pandangan orang lain terhadap individu tersebut. Apakah individu tersebut dihormati, disukai, dibenci, atau bahkan diremehkan tergantung pada status sosialnya.

Perbedaan Ascribed Status Achieved Status dan Assigned Status

Ascribed Status

Ascribed status adalah identitas yang dapat dimiliki seseorang sejak lahir, yang dapat berupa jenis kelamin, ras, kasta, golongan, keturunan, ras, usia, dll.

Contoh dari Ascribed Status seperti Keluarga kerajaan adalah contoh dari status ini. Misalkan Ratu Elizabeth melahirkan seorang Pangeran William. Sejak lahir, William Jr. telah menjadi anak keluarga kerajaan dan sangat kaya raya. Dia dinobatkan sebagai pewaris takhta Inggris pada usia 24 tahun. Dalam hal ini, William tidak dapat menyangkal nasibnya sebagai keturunan raja inggris.

Achieved Status

Achieved Status adalah status yang diperoleh merupakan status sosial yang diperoleh seseorang melalui kerja keras. Siapapun yang ingin bekerja dan terus belajar dapat memperoleh status ini. Saat ini, seseorang dapat memperoleh model status sosial ini.

Contoh dari Achieved Status ada banyak contohnya, misalnya Menteri Susi Pudjiastuti pernah menjadi penjual ikan di pantai, namun karena ketekunannya, kini beliau terjun ke bidang transportasi udara.

Assigned Status

Assigned Status adalah status sosial yang diperoleh melalui pemberian atau kepercayaan komunitas. Contohnya adalah seseorang yang diangkat sebagai sesepuh di desa. Contoh lain, Sir Ferguson dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Inggris atas prestasinya di sepakbola saat menangani Manchester United.

Itulah perbedaan ascribed achieved dan assigned status. Jenis-jenis stratifikasi sosial di masyarakat saat ini cenderung terbuka sehingga masyarakat dapat memperoleh status sosial berdasarkan kerja kerasnya. Dalam masyarakat Hindu tertutup dalam staratifikasi sosial.

Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!