bahasa indonesia
Home » Academic » Bahasa Indonesia » Pengertian dan Contoh Teks Persuasi

Pengertian dan Contoh Teks Persuasi

Teks persuasi adalah sebuah teks yang berarti mengajak, menyuruh, atau membujuk. Sedangkan menurut KBBI, persuasif berarti bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Dengan pengertian dari teks persuasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa teks persuasi atau teks persuasif adalah teks yang bertujuan untuk mengajak, membujuk atau menyuruh pembaca untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Selain itu anda juga bisa membaca teks eksplanasi secara lengkap

Tulisan teks persiasi bersifat subjektif karena isi dari teks tersebut merupakan pandanganmu secara pribadi sebagai penulis mengenai suatu topik. Maka dari itu, sering ditemukan dalam teks persuasi adanya data-data pendukung sehingga sebagai pembaca tidak ragu untuk melakukan apa yang ditulis oleh penulis.

Jenis Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif ini selanjutnya dibagi menjadi beberapa bagian berikut:

  • Persuasi Politik

Biasanya para ahli politik menggunakan persuasi politik untuk menyampaikan aspirasi politik dan hubungan kenegaraan.

  • Persuasi Pendidikan

Buku ajar persuasi bidang pendidikan dapat berupa ajakan untuk giat belajar, ajakan ini untuk memberikan wawasan pendidikan yang mudah diterima agar anak tidak malas belajar.

  • Persuasi Advertensi

Persuasi periklanan semacam ini biasanya berkaitan dengan promosi penggunaan produk dan penggunaan jasa, biasanya dalam bentuk iklan.

  • Persuasi Propaganda

Dengan persuasif semacam ini, Anda tidak hanya dapat berbagi informasi, tetapi Anda juga dapat membuat pembaca bereaksi terhadap konten bacaan yang dibagikan dan kemudian mengambil tindakan.

Ciri-Ciri Teks Persuasif

Adapun ciri-ciri teks persuasif sebagai berikut:

  1. Pada teks persuasif atau persuasi harus ditemui fakta dan data pendukung, tanpa adanya fakta dan data pendukung sulit untuk mempercayai valid tidaknya dari isi teks persuasif tersebut.
  2. Dalam teks persuasif atau persuasi akan ada bahasa yang dibuat semenarik mungkin untuk menyakinkan pembaca dengan penjelasan yang tidak terlalu berat, melainkan pembaca kemas secara ringan dan menarik.
  3. Teks persuasif berusaha untuk menimbulkan kesepakatan melalui kepercayaan yang ada diantara penulis dengan pembaca.

Syarat-syarat Penyusun Paragraf Persuasi

Teks persuasi memiliki beberapa syarat-syarat seperti:

1. Pilihan Kata yang tepat

Hal yang kuat dalam teks persuasi adalah kata-katanya. Maka dari itu, dalam menulis teks persuasi kita harus memilih kata-kata yang tepat sekaligus menarik agar pembaca dapat mengikuti bujukan.

2. Kemampuan mengolah emosi pembaca

Setelah memilih kata, kita juga harus bisa mengolah emosi pembaca. Artinya, pembaca dapat mengobarkan atau meredam emosi pembaca dari tulisan yang kita buat, khususnya untuk teks persuasi politik atau propaganda.

3. Bukti-bukti/ fakta sebagai data pendukung

Menambahkan bukti-bukti atau fakta untuk memperkuat gagasan yang kalian tulis dalam teks persuasi agar pembaca percaya pada teks yang sudah kamu buat.

Kaidah Kebahasaan dalam Teks Persuasif

Adapun kaidah dalam teks persuasif seperti:

  1. Kata bujukan (misalnya: harus, sepantasnya, penting dll);
  2. Kata kerja imperatif (misalnya: waspadalah, hendaknya, jadikanlah, dll);
  3. Kata-kata teknis atau istilah sesuai dengan isu yang diangkat;
  4. Kata penghubung argumentatif (misalnya: jika, sebab, oleh karena itu, dll).

Contoh Teks Persuasi

Contoh teks persuasi dari ruangguru seperti berikut:

Hindarilah Rokok Meskipun Sebatang

Alinea Pembuka

Rokok mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernafasan. Tar dan nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia di mana 200 diantaranya beracun.

Alinea Penjelas

Semakin besar isi kandungan tar dan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif.

Alinea Penutup

Karena dampak negatifnya begitu besar maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.

Contoh Teks Persuasif Bertemakan Kesehatan

Banyak dari kita yang menganggap sarapan itu tidak penting, atau karena terlambat, tidak suka sarapan, kehilangan nafsu makan, dll.

Bagaimanapun, kita harus tahu bahwa tubuh kita perlu mengonsumsinya. Oleh karena itu, dianjurkan sarapan tidak berat untuk menambah energi sebelum makan siang. Karena tidak ada sarapan, kita tidak memiliki energi untuk dikonsumsi, yang menyebabkan kelelahan, kurang perhatian, dan banyak efek lainnya.

Dalam kesempatan ini, kami mengajak semua orang untuk tetap sehat, mengatur waktu sarapan setiap pagi, dan mari kita menumbuhkan sarapan untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.