Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia
Home » Academic » Sosial » Geografi » Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia dan Geografis Indonesia, Jika kamu lihat dari letak geografis Indonesia berada di antara Benua Australia dan Asia, serta diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Pengertian dari letak geografis? Letak geografis adalah letak di mana suatu daerah itu dilihat dari kenyataannya di bumi dan menentukan pula letak posisi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Kalau dilihat secara letak astronomis Indonesia adalah terlerak 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia:

  • Indonesia Memiliki Iklim Tropis

Selain sebagai penentu letak astronomi suatu daerah, garis lintang juga digunakan untuk menandai perbedaan zona iklim di muka bumi. Berdasarkan posisi Indonesia pada garis lintang 6o LU – 11o LS, Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis.

Ciri – Ciri Wilayah Dengan Iklim Tropis

  1. Curah hujan tinggi
  2. Terdapat hutan hujan tropis yang luas
  3. Sinar matahari sepanjang tahun
  4. Kelembaban udara yang tinggi
  • Indonesia Memiliki Tiga Waktu yang Berbeda

Letak suatu wilayah yang ditinjau menurut garis bujur dapat mempengaruhi perbedaan waktu. Indonesia berada di garis bujur 95o BT – 141o BT, posisi ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga daerah waktu, yaitu waktu di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur.

  1. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) yaitu wilayah bagian barat Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
  2. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) yaitu wilayah bagian tengah Indonesia seperti Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.
  3. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) yaitu wilayah Indonesia bagian timur seperti Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia:

Negara Indonesia yang terletak di antara dua samudera besar mempunya dampak mendapat angin laut yang membawa banyak hujan. Dengan Hal tersebut yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Adapun, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.

Selain memiliki iklim tropis,  Indonesia juga memiliki keragaman budaya seperti dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama. Hal ini disebabkan oleh letak Indonesia yang berada di cross position. Maksud dari cross position ini adalah Indonesia berada di antara persilangan dari dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia ke Benua Australia dan Samudra Hindia ke Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara-negara sekitar karena lokasi yang strategis dan kegiatan perdagangan pun meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.