Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.

Sumber daya alam hayati disebut juga sumber daya alam biotik yaitu semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) berupa makhluk hidup. Sedangkan sumber daya alam non hayati atau sumber daya alam abiotik adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia berupa benda mati.

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alamnya, baik sumber daya alam hayati maupun sumber daya alam non hayati. Kekayaan alam Indonesia terdapat di permukaan bumi, di dalam perut bumi, di laut dan di udara. Berdasarkan ketersediaanya sumber daya alam terbagi dalam dua kelompok besar yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Penggolongan Sumber Daya Alam

Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam diklasifikasikan menjadi berikut ini.

Sumber daya alam materi

Sumber daya alam materi adalah sumber daya alam yang berupa benda mati, diambil dari alam secara langsung maupun melalui proses penambangan, pengolahan, sehingga memiliki manfaat yang lebih untuk kelangsungan kehidupan manusia.

Contoh:

  • Mineral magnetit, hematite, limonit, dan pasir kuarsa dapat dilebur menjadi besi baja yang digunakan untuk membuat kerangka beton, bahan kendaraan, alat rumah tangga, dan sebagainya.
  • Air, sinar matahari, udara dapat langsung diperoleh dan dimanfaatkan secara langsung tanpa proses pengolahan.
  • Minyak bumi dapat diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, solar, avtur, bensol, paraffin, pertamax, oli, premium, dan sisanya dibuat aspal.

Sumber daya alam hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam hewan disebut sumber daya hewani dan sumber daya alam tumbuhan disebut sumber daya alam hayati.

Contoh:

  • Sumber daya alam hewani terdapat berbagai daging, telur, susu, dan keju, serta ikan.
  • Sumber daya alam nabati seperti padi, jagung, gandum, sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, dan sebagainya.

Sumber daya alam energi

Sumber daya alam energi adalah bila barang yang dimanfaatkan manusia adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut. Penggunaannya bisa langsung atau melalui proses pengolahan atau industri.

Contoh:

  • Air terjun dimanfaatkan langsung untuk tenaga listrik.
  • Minyak bumi, gas alam, batu bara pemanfaatannya diproses lebih dahulu di industri.

Sumber daya alam ruang

Sumber daya alam ruang adalah ruang, tempat, atau wilayah yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Sumber daya alam ruang sangat dipengaruhi oleh letak, topografi, atau relief.

Sumber daya alam waktu

Sumber daya alam waktu adalah sumber daya alam yang ketersediaannya terikat dengan waktu atau musim.

Contoh:

  • Air sulit didapat pada musim kemarau, banyak tanaman pertanian mati kekeringan atau sebaliknya ketika musim penghujan terjadi bahaya banjir.

Manfaat sumber daya alam

Dari kutipan buku Kemdikbud dengan judul “Indahnya Negeriku”, ada beberapa manfaat dari sumber daya alam, seperti:

  1. Sumber energi dan bahan bakar, misalnya minyak bumi
  2. Pembangkit listrik, misalnya minyak bumi dan sinar matahari
  3. Memenuhi kebutuhan manusia dan hewan, misalnya hewan dan tumbuhan
  4. Untuk tempat tinggal, misalnya pepohonan
  5. Untuk menjaga keseimbangan alam
  6. Menyuplai oksigen (tumbuhan)
  7. Cadangan devisa negara

Jika kita melihat sederet manfaat di atas, kehidupan manusia sangat bergantung pada sumber daya alam. Lalu, bagaimana cara melestarikannya?

Cara melestarikan sumber daya alam

Menurut buku Alamku Berlimpah Kemdikbud, melestarikan alam adalah prinsip dari mengelola sumber daya alam. Salah satunya adalah dengan cara pembangunan berkelanjutan.

Dalam buku tersebut disebutkan pula bahwa pembangunan berkelanjutan atau sustainable development adalah pembangunan yang dilakukan dengan tetap mencukupi kebutuhan saat ini dan tanpa mengurangi kemampuannya mencukupi kebutuhan generasi selanjutnya. Prinsip-prinsip dari pembangunan berkelanjutan ini adalah:

Pemerataan

Pemerataan ini dianggap mampu mengurangi kesenjangan di masyarakat serta meratakan akses yang sama bagi masyarakat. Sehingga, antara satu daerah dan yang lain harus mendapatkan pembangunan yang seimbang.

Ekonomi

Selain meningkatkan kapasitas daya saing, prinsip ekonomi yang dimakasud di sini juga pembangunan infrastruktur dasarnya. Misalnya adalah perumahan, jalur, hingga infrastruktur informasi.

Energi

Dalam aspek energi, penghematan energi merupakan cara yang sangat dianjurkan. Contoh dari penghematan energi adalah memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami, dan sebagainya.

Ekologi

Dalam aspek ini, pemanfaatan lahan campuran semaksimal mungkin adalah salah satu strategi yang dapat dilakukan. Misalnya, membatasi pemekaran kota yang berlebihan, pengadaan banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Peran serta

Peran serta yang dimaksud adalah pelaksaan pembangunan berkelanjutam yang melibatkan peran serta dari masyarakat.

Itu dia pengertian, jenis, dan contoh sumber daya alam. Sebagai manusia, kita tidak boleh lupa untuk melestarikannya ya.

There are 5 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *