Home » Technology » Google Classroom : Terobosan Belajar Secara Online

Google Classroom : Terobosan Belajar Secara Online

Google Classroom sebenarnya seperti apa sih definisi dan cara kerjanya sederhananya kelas tersedia bagi siapa saja yang memiliki Google Apps for Education, serangkaian alat produktivitas gratis termasuk Gmail, Dokumen, dan Drive.
 
Kelas dirancang untuk membantu guru membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas, termasuk fitur yang menghemat waktu seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Dokumen secara otomatis bagi setiap siswa. Kelas juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur.
 
Siswa dapat melacak setiap tugas yang hampir mendekati batas waktu pengumpulan di laman Tugas, dan mulai mengerjakannya cukup dengan sekali klik. Guru dapat melihat dengan cepat siapa saja yang belum menyelesaikan tugas, serta memberikan masukan dan nilai langsung di Kelas.
Google Classrom – edulastic.com

Bagaimana cara kerja Google Classroom ?

Penyiapan mudah
Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau berbagi kode dengan kelasnya untuk bergabung. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya.
 
Hemat waktu
Alur kerja tugas yang mudah dan tanpa kertas memungkinkan pengajar membuat, memeriksa, dan menilai tugas dengan cepat, semuanya di satu tempat.
 
Meningkatkan keteraturan
Siswa dapat melihat semua tugasnya di laman tugas dan semua materi kelas disimpan secara otomatis ke dalam folder di Google Drive.
 
Meningkatkan komunikasi
Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirim pengumuman dan memulai diskusi langsung. Siswa dapat saling berbagi sumber daya atau menjawab pertanyaan di aliran.
 
Terjangkau dan aman
Seperti layanan Google Apps for Education lainnya, Kelas tidak mengandung iklan, tidak pernah menggunakan konten Anda atau data siswa untuk tujuan iklan, dan gratis untuk sekolah.
 
Memulai Classroom
Kelas tersedia bagi siapa saja yang memiliki akun Google Apps for Education. Kunjungi classroom.google.com dan masuk. Pilih apakah Anda seorang guru atau siswa, lalu buat kelas atau gabung ke kelas.
 
Jika Anda administrator Google Apps, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan layanan di Akses ke Kelas.
 
Jika sekolah Anda tidak menggunakan Google Apps for Education, administrator dapat mendaftar di sini.
 
Menemukan bantuan
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Google Kelas, kunjungi Forum Bantuan Google for Education.
 
Browser yang didukung
Anda dapat mengakses Kelas menggunakan internet di komputer atau ponsel dengan browser modern apa pun seperti Chrome, Firefox®, Internet Explorer®, atau Safari®.
 
Pada umumnya, Kelas mendukung rilis utama terdahulu dan terkini dari Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Safari secara bergantian.
 
Setelah mengetahui cara kerja dari Google Classroom, kemudian manfaatnya apa sih Google Classroom ini ?
 
Penyiapan yang mudah
Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau berbagi kode dengan kelasnya untuk bergabung. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya.
 
Hemat waktu
Alur tugas yang sederhana dan tanpa kertas memungkinkan pengajar membuat, memeriksa, dan menilai tugas dengan cepat, di satu tempat.
 
Meningkatkan pengorganisasian
Siswa dapat melihat semua tugasnya di laman tugas, dan semua materi kelas secara otomatis disimpan ke dalam folder di Google Drive.
 
Meningkatkan komunikasi
Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirim pengumuman dan memulai diskusi secara langsung. Siswa dapat berbagi sumber daya satu sama lain atau memberikan jawaban atas pertanyaan di aliran.
 
Terjangkau dan aman
Seperti layanan Google Apps for Education lainnya, Classroom tidak mengandung iklan, tidak pernah menggunakan konten Anda atau data siswa untuk iklan, dan gratis untuk sekolah. (Google Support)
 
Jika anda ingin membuka kelas atau paling tidak ingin lebih tau bagaimana Google Classroom itu silahkan anda mengunjungi : Google Classroom

There are 2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.