Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang

1 min read

cara membedakan es batu air matang dan mentah

Apakah kamu tau kalau ada oknum penjual es batu ada yang menggunakan air yang belum matang? Perlu untuk mengetahui cara membedakan es batu air matang dan mentah agar kamu tetap waspada dan tidak menimbulkan sakit perut. Jika kamu mengkonsumsi es batu yang tidak dimatang beresiko untuk berkena infeksi banteri E-Coli yang berbahaya. Membuat es batu dengan menggunakan air yang matang tentu sangat diwajibkan untuk tetap menjaga kesehatanmu.

Selama ini tentu kamu sulit membedakan antara es batu yang dibuat menggunakan air mentah dan es batu yang menggunakan air matang. Sekilas tentu akan terlihat sama secara bentuk dan  rasanya. Namun ada beberapa ciri yang kamu perhatikan untuk meminimalisir sakit perut.

Ciri ES Batu yang Terbuat dari Air Mentah

Perhatikan Warna ES

ES Batu yang dibuat dari air mentah memiliki warna yang Putih. Secara ilmiah, air yang bersuhu dingin akan meyebabkan udara terperangkap di dalam air. sehingga ketika Air tersebut membeku maka akan tampak Gelembung Udara tadi menjadi berwarna Putih seperti salju

Ciri Es Batu yang Menggunakan Air Masak/Matang

Kejernihan ES batu yang menggunakan Air masak akan terlihat lebih jernis dan Sangat bening.

Hal ini dikarenakan udara sudah lepas ketika Proses pemasakan Air. ES juga akan terlihat jernih tanpa kotoran karena Sebelum dijadikan ES, terlebih dahulu air yang sudah dimasak di dinginkan sehingga kotoran-kotoran air akan mengendap seluruhnya

Secara Ilmiah, walaupun saat pendinginan Air menjadi ES pada suhu 0 derajat, udara tidak bisa masuk kedalam pembungkus ES batu sehingga sangat sedikit Gelembung yang terperangkap di dalam ES batu. Ini juga membuktikan bahwa kandungan udara di dalam air menjadi berkurang.

Adapun BPOM juga memberikan tips untuk kamu cara membedakan es batu membedakan es batu air mentah dan air matang, seperti:

  • Es batu dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas.
  • Biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. Es ini tidak layak dikonsumsi, khususnya jika sumbernya adalah dari sungai yang tercemar.
  • Es batu yang dibuat dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalamnya terlepaskan ketika proses perebusan. Biasanya, es seperti ini disebut es kristal.

Kalau dibaca 3 point diatas tentu terasa gampang untuk membedakan, tetapi pada kenyataannya tentu tidak mudah. Menurut Prof. Muhammad Hanafi (Guru Besar Riset Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) untuk Jawa Pos, warna es batu yang diperjual belikan tidak bisa otomatis menggambarkan kualitas air yang digunakan.

Menurutnya, air mentah memang masih mengandung gas dan bakteri, tapi sebetulnya gas itulah yang mengakibatkan timbulnya warna putih atau seperti susu di bagian tengah es batu. BPOM pun mengajurkan untuk mengetahui kualitas bahan baku es tak cukup hanya dilihat kasatmata, tapi harus diuji di laboratorium. (Ref klikdokter)

itulah sedikit informasi tentang cara membedakan es batu dari air mentah dan matang, tetap waspada ya!

Hustler You need three things to create a successful startup: to start with good people, to make something customers actually want, and to spend as little money as possible. Go Ahead!

2 Replies to “Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan artikel menarik dari kami, langganan sekarang!